Belajar Baca Sejak Bayi dan Balita

0
51

.Pada umumnya Anda baru akan melihat anak bisa membaca setelah bersekolah. Padahal, menurut pengembang DVD berisi parenting Your Baby Can Read! Dr. Robert Titzer, otak bayi berkembang subur melalui stimulasi.

Otak si kecil akan berkembang pada kecepatan fenomenal, mendekati 90% selama lima tahun pertama kehidupannya. Waktu terbaik dan termudah mempelajari sebuah bahasa adalah ketika dirinya masih bayi dan balita. Saat itu, otaknya sedang menciptakan ribuan sinapsis atau koneksi, yang memungkinkan buah hati mempelajari bahasa tulis dan verbal secara bersamaan.

Ada keuntungan-keuntungan tersendiri memberikan pendidikan literasi dini pada si kecil. Ketika anak meningkatkan kemampuan membaca melalui kesempatan alaminya, yakni dari lahir hingga berusia empat tahun, dirinya akan membaca dengan lebih baik dan lebih menikmatinya. Belajar membaca saat sudah bersekolah dirasa terlambat, bagi Titzer.

Kenyataannya, banyak penelitian membuktikan, semakin dini seorang anak belajar membaca, semakin baik performanya di sekolah dan di kehidupannya mendatang. Self-esteem menjadi lebih baik dan menjadi lebih betah di sekolah.

Kalau begitu, ayo belajar membaca!

(Berbagai sumber)

SHARE