Karakter Pasangan Dari Kedudukannya Dalam Keluarga

0
62

.Bila ingin mendapatkan pasangan yang sesuai untuk Anda, perhatikan urutan kelahirannya dalam keluarga. Apakah dia anak tertua, anak tengah, bungsu, atau anak tunggal? Kedudukan seseorang di antara saudara-saudara kandungnya membentuk karakternya, caranya memperlakukan pasangan, serta menyikapi suatu hubungan. Demikian menurut seorang psikolog, Kevin Leman, Ph.D.

Anak Sulung

Anak sulung terlahir menjadi seorang pemimpin. Ia akan banyak ‘memimpin’ dan menentukan keputusan saat berpacaran. Mengencani anak sulung tidak akan membuat Anda kebingungan akan agenda kencan, seperti di mana akan makan malam, apa sudah pesan tempat, dan masih banyak lagi. Tenang. Semua sudah dipersiapkan olehnya. Anak tertua biasanya old fashioned (dalam artian positif). Ia akan selalu ingat merayakan anniversary dan hari Valentine. Pasangan yang tepat untuk si sulung tentu saja anak bungsu. Seperti teori magnet. Unsur yang berlawanan justru akan tarik-menarik. Anak bungsu membuat hidup lebih hidup. Meski anak sulung membencinya, si bungsu akan terus memberikan banyak ‘kejutan’ dan itu menjadi bumbu yang baik dalam suatu hubungan.

Anak Tengah

Tipe orang yang lahir memiliki kakak dan adik cenderung pintar bernegosiasi. Hal ini disebabkan rasa kompetitif dari kurangnya perhatian setelah ditekan sang kakak dan harus bersaing ‘memperebutkan’ kasih sayang dengan adiknya. Ia pun bertumbuh menjadi orang yang terbuka akan saran. Berkencan dengannya akan membuat Anda merasa dihargai. Anda bebas berpendapat dengannya. Meski demikian, akibat tekanan dari kakak dan adiknya, anak tengah menjadi anak yang pendiam. Tidak banyak mengutarakan isi hati secara terang-terangan. Hanya anak bungsulah yang tepat menjadi pendamping hidupnya. Anak bungsu tidak akan membuatnya merasa terancam, seperti yang dilakukan anak sulung padanya.

Si Bungsu

Menyenangkan, lincah, penuh teka-teki, dan kejutan! Itulah tipe anak bungsu. Orang ini akan membawa tawa dan keceriaan bagi pasangannya. Dikatakan lebih lanjut oleh Dr. Leman, banyak komedian yang merupakan anak bungsu. Sebut saja Jim Carret, Steve Martin, Eddie Murphy, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, dia pun kerap bertingkah spontan. Hal pertama yang ada di pikirannya akan dilakukannya. Bersiaplah menikmati ‘petualangan’ baru saat berkencan dengannya! Oya, jangan kaget juga bila suatu saat pasangan meninggalkan Anda begitu saja, karena dirinya harus berkumpul bersama teman-temannya. Inilah salah satu kekukarangan berkencan dengan anak bungsu, selain kemampuan ekonominya yang belum bisa diandalkan. Hanya satu orang yang bisa mengimbangi sifat ‘liarnya’, yakni si sulung atau anak tengah. Mereka akan lebih bisa memahami dan memaklumi sifat kekanakannya.

Anak Tunggal

Anak tunggal lain lagi. Ini adalah tipe orang yang benar-benar dapat diandalkan. Seperti anak sulung dalam versi ekstrim. Dia tumbuh besar hanya dengan dikelilingi orang-orang dewasa. Hal tersebut membuatnya tumbuh dewasa sebelum waktunya dan melebihi kematangan anak-anak sebayanya. Anak tunggal adalah tipe pasangan yang serius dan bertanggung jawab. Ia rela membantu banyak temannya. Begitu pula pada pasangannya. Ia akan sangat perhatian dan ‘ngemong’. Semua dilakukan akibat refleksi dirinya sebagai ‘orangtua’, seperti role contoh yang selama ini dia lihat, orangtua, tanpa ada pola pikir anak sebayanya mempengaruhi. Sifat perfeksionisnya bisa berdampak positif pun negatif. Dia mungkin akan sering mengkritik Anda untuk hal-hal kecil. Terlalu banyak pemikiran juga membuatnya tidak berani ‘melangkah’ lebih dulu. Andalah yang harus melangkah dan berinisiatif lebih dulu, bila ingin hubungan mengalami kemajuan. Hanya anak bungsu yang mampu mengimbangi dirinya. Dengan sikap romantis dan spontanitasnya, anak bungsu akan melumerkan ketegangan dan keseriusan si tunggal.

(Berbagai sumber)

SHARE