Konichiwa, Shirakawa-go

0
48

.Shirakawa-go adalah sebuah desa bersejarah dan sekaligus salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO di Jepang. Desa langka yang mengawetkan gaya hidup pedesaan Jepang kuno serta lanskap pedesaan yang masih murni dan tak tersentuh ini terletak di lembah sungai Shogawa, membentang di perbatasan Prefektur Gifu dan Toyama di Jepang Utara. Setiap musim yang berhembus dan menyelimuti desa ini akan menghasilkan sebuah atraksi dan daya tarik tersendiri, yang pada akhirnya makin mempercantik wajah anggun desa tua Shirakawa-go. Meskipun demikian, sampai sekarang panorama dan kecantikan Shirakawa-go di kala musim salju masih menjadi favorit para wisatawan.

Jalanan menanjak tertutup salju yang menawarkan pemandangan spektakuler berupa deretan gagah pegunungan di belakang serta pohon cemara, pinus dan rumah petani bergaya Gassho-zukuri adalah hal yang dicari-cari para wisatawan dari penjuru bumi. Dan meskipun pada akhirnya wisatawan kadang benar-benar tidak memiliki kegiatan yang bisa dilakukan ketika malam tiba, namun pengalaman menginap semalam di Shirakawa-go adalah sebuah perjalan wisata yang sungguh menenangkan, dengan pesona larit indah cahaya matahari ketika terbenam maupun di awal pagi. Banyak juga wisatawan yang berkata bahwa pemandangan yang paling indah di Shirakawa-go adalah cahaya redup dari jendela-jendela rumah tua ketika matahari terbenam.

Mengingat kawasan Shirakawa-go telah bebas dari pembangunan perkotaan, maka dengan sendirinya tidak terdapat bangunan hotel megah, modern dan mewah yang beroperasi di desa ini. Untuk keperluan menginap, Anda dapat memilih berbagai Minshuku, atau rumah penginapan yahg dijalankan oleh sebuah keluarga yang banyak terdapat di Shirakawa-go. Aura kemewahan yang bersifat material memang akan sangat susah sekali Anda temui di sini, baik di Minshuku maupun di  Shirakawa-go. Namun kalau yang Anda cari adalah kemewahaan perasaan, ketenangan batin dan kesederhanaan, maka tidak ada lagi alasan bagi Anda untuk tidak mengunjungi aset budaya yang sangat mempesona ini.

(Berbagai sumber)

SHARE