Menambatkan Cinta di Ljubljanica

0
60

.Slovenia, negara di jantung kawasan Eropa Tengah, bertetangga dengan  Italia, Laut Adriatik, Kroasia, Hongaria, dan Austria. Meskipun mungkin namanya tak begitu berkumandang dalam jajaran destinasi wisata benua Eropa, namun siapa yang menyangka bahwa si kecil Slovania memiliki pesona yang begitu menggoda. Kaya akan gua serta pegunungan indah yang menantang untuk ditaklukkan dan dihiasi oleh banyak bangunan serta villa bersejarah, Slovenia adalah destinasi wisata yang menyenangkan dan tak terduga.

Ibukotanya yang bernama Ljubljana (baca: Liubliana) hanya dihuni oleh sekitar 270 ribu jiwa (bandingkan dengan kota Jakarta yang memiliki jumlah penduduk hampir 9,5 juta jiwa) dan dihiasi oleh bangunan bergaya Art Nouveau dan Art Deco. Banyak atraksi yang bisa Anda nikmati di kawasan kota Ljubljana, seperti kastil tua Ljubljana, Katedral Saint Nicholas, Jembatan Naga, Taman Tivoli, serta Butchers’ Bridge, dan semuanya dapat Anda tempuh dengan mudah berkat aliran Sungai Ljubljanica yang menyatukan hati dan kehidupan Kota Ljubljana.

Patung penyair yang paling paling dikasihi Slovenia, France Preseren, berdiri di salah satu bagian tepi sungai Ljubljanica dan menjadi tempat favorit bagi para mahasiswa untuk menenangkan pikiran ketika menghadapi masa ujian. Salah satu tempat berkumpul terbaru di kota ini terletak tepat di hulu Butchers’ Bridge, jembatan bernama gahar namun memiliki perawakan yang menakjubkan (dibuat dengan desain yang rapi, menggunakan kaca untuk konstruksi bagian dasarnya) yang menghubungkan para pejalan kaki ke pasar modern yang dirancang oleh arsitek Slovenia, Joze Plecnik. Di sinilah Anda dapat menemukan deretan cafe di sepanjang tepi sungai, dengan payung putih dan kursi kayu yang begitu mempesona dalam kesederhanaannya. Kalau Anda datang bersama pasangan, Anda dapat berpartisipasi dalam fenomena romantis yang sedang hangat di Ljubljana, dikenal dengan istilah “kunci cinta”. Anda dan pasangan hanya perlu mengikatkan gembok pilihan Anda di pagar jembatan lalu melemparkan kuncinya ke sungai Ljubljanica. Dan semoga, jalinan kasih antara Anda dan pasangan akan awet seperti gembok yang erat mengait pagar jembatan Sungai Ljubljanica.

(Berbagai sumber)

SHARE