New BMW X3, Fitur-Fiturnya Bikin Irit BBM

0
127

.JAKARTA – Pakai SUV boros BBM? Ah siapa bilang! Coba tengok BMW X3 terbaru yang belum lama diperkenalkan ke Indonesia. Hampir semua fiturnya didesain untuk meminimalisir konsumsi BBM.

“Setiap fitur yang ada di BMW X3 terbaru didesain untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan kendaraan untuk lalu lintas kota yang padat maupun menyusuri jalan pegunungan yang berliku di luar kota,” kata President DIrector BMW Indonesia Ramesh Divyanathan.

Pernyataan sambutan Ramesh disela-sela peluncuran BMW X3 terbaru di Jakarta (6/4/2011) itu seakan mewakili bagaimana karakteristik dari SUV Jerman itu. Ada dua X3 yang ditawarkan BMW Indonesia, yakni X3 xDrive20d dan X3 xDrive35i.

Sebagai kendaraan perkotaan, X3 punya segudang fitur untuk menemani Anda membelah padatnya lalu lintas di kota-kota besar. Dibalik sosoknya yang gagah, X3 menawarkan interior bernuansa modern. Desain konsol tengah berorientasi ke pengemudi, sementara posisi tempat duduk sengaja dibuat lebih tnggi guna memudahkan pandangan ke suasana diluar mobil. Agar terlihat mewah jok juga dilapis kulit Nevada dengan sentuhan jahitan berwarna kontras.

Saat melintasi jalan-jalan di kota besar, seluruh penumpang termasuk pengemudi akan dihibur lewat audio system monitor 6,5 inci liquid crystal display dengan USB Audio Interface, Radio, CD, serta dilengkapi dengan 12 loudspeaker BMW HiFi.

Padatnya lalu lintas kota seperti Jakarta juga bukan masalah bagi X3. BMW mendesain sederet teknologi yang membuat SUV ini bukan mobil “peminum” BBM. Untuk xDrive35i diperkuat transmisi Sport Otomatis 8-speed dengan paddle shift. Sedangkan xDrive20d hadir dengan transmisi 8-speed tanpa paddle shift.

Yang menarik, sistem transmisi otomatis ini dikawinkan dengan fitur Auto Start Stop. Fitur ini mampu mematikan mesin saat mobil dalam kondisi berhenti untuk waktu yang singkat, misalnya ketika lampu merah atau jalanan macet total. Ini jelas membantu menekan konsumsi bahan bakar kendaraan tersebut.

Fitur ini akan aktif untuk mematikan mesin mobil jika pengemudi menghentikan kendaraannya dalam 10 detik atau lebih. Pada kondisi tersebut logo Auto Start Stop di Info Display akan menyala dengan warna hijau. Jika ingin menon-aktifkan pengemudi tinggal melepas pedal rem dan menekan pedal gas maka mesin mobil akan kembali berfungsi.

Fitur ini juga cukup unik, mengingat kondisi Auto Start Stop tidak akan berjalan jika temperatur mesin belum mencapai suhu ideal, temperatur kabin belum mencapai suhu yang diinginkan, baterai belum memiliki daya yang cukup, atau pengemudi tetap menggoyangkan setir meski pedal rem diinjak.

Fitur tersebut juga dibekali kontrol yang memonitor kondisi kendaraan secara menyeluruh. Jika data mendapati ada yang tidak stabil pada kendaraan tersebut, maka pengemudi tidak bisa mengaktifkan Auto Start Stop system.

Selain Auto Start Stop, BMW X3 juga punya teknologi lain untuk mengurangi konsumsi BBM yang berlebihan. Misalnya Brake Energy Regeneration, Electric Power Steering, serta ban dengan reduced rilling resistance.

Fitur-fitur itu terbukti mampu menjadikan X3 xDrive20d hanya mengkonsumsi satu liter solar untuk menempuh jarak 17,9 km. Sementara xDrive35i cuma butuh 1 liter bensin untuk jarak tempuh 11,4 km.

Meski pas untuk diajak “menyelami” kemacetan lalu lintas kota-kota besar, kodrat BMW X3 sebagai Sport Activity Vehicle membuat kekuatan mesin dibalik bonet kendaraan ini juga siap membawa Anda berpetualang ke daerah-daerah pegunungan.

xDrive20d dipersenjatai mesin 2.0 liter diesel turbo empat silinder segaris dengan Commonrail Direct Injection. Mesin tersebut sanggup menghasilkan tenaga 184 hp pada 4.000 rpm dengan torsi puncak 380 Nm di 1.750-2.750 rpm. Untuk xDrive35i BMW memperkuat dengan mesin 3.0 liter TwinPower Turbo Direct Injection VALVETRONIC enam silinder segaris. Mesin sebesar itu bisa menghasilkan daya 306 hp pada 5.800 rpm dan torsi maksimal 400 NM di putaran 1.200-5.000 rpm.

Jadi, jika ingin memboyong SUV irit untuk kebutuhan dalam kota dan luar kota, tak ada salahnya Anda mengeluarkan kocek Rp828 juta untuk X3 xDrive20d Business, Rp898 juta untuk xdrive20d Executive, dan Rp1,028 miliar untuk X3 xDrive35i. Semua harga itu off the road Jakarta.

(Ghiboo)

SHARE