50 Tahun Perjalanan Epik Yuri Gagarin

0
52

.50 tahun yang lalu, Yuri Gagarin pergi mengelilingi bumi selama 108 menit dan menjadi manusia pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa. Meskipun perjalanan tersebut hampir berakhir dengan bencana (sensor yang sempat rusak sesaat sebelum lepas landas, kombinasi berat badan Gagarin, pakaian angkasa serta kursi yang menyebabkan kelebihan beban 30 kilo dari yang seharusnya; pesawat yang melesat lebih tinggi dari orbit yang dituju karena salah satu mesin gagal memotong kecepatan; serta kapsul angkasa yang masuk ke dalam spin berbahaya), namun semua itu sudah ia lalui dengan gemilang dan telah masuk dalam catatan sejarah.

Meskipun 50 tahun telah berlalu, peluncuran Yuri Gagarin dalam pesawat Vostok ke orbit merupakan sebuah perjalanan yang penuh inspirasi dan masih mengilhami kehidupan hingga hari ini, termasuk proyek wisata luar angkasa Virgin Galactic yang sepertinya tinggal menunggu jadwal penerbangannya saja.

Tentu saja Yuri Gagarin merupakan salah satu penjelajah besar dunia dan layak mendapatkan penghargaan, salah satunya adalah monumen patung titanium yang futuristik (dan mungkin sempat menjadi inspirasi pembuatan poster film Iron Man) yang berdiri gagah di Leninsky Prospekt di Kota Moscow, Rusia.

Salah satu bentuk penghormatan yang mungkin paling berhubungan dengan luar angkasa adalah duet permainan flute antara astronot Cady Coleman dan Ian Anderson, pendiri band Jethro Tull. Mereka berkolaborasi melintasi ruang dan waktu untuk mengenang 50 tahun penerbangan Yuri Gagarin. Dengan rambut cokelat mengambang seperti sebuah korona, Cady Coleman memainkan flutenya dari Stasiun Luar Angkasa Internasional yang mengorbit 354 kilometer di atas bumi.

Sementara Ian Anderson memainkan flutenya dari kota Perm, Rusia, di antara jeda jadwal tur Eropa band Inggris Jethro Tull. Simak aksi mereka berdua di sini

(Berbagai sumber)

SHARE