Balada Sol Merah Antara YSL dan Christian Louboutin

0
71

.Peperangan muncul di antara dua label terkemuka asal Perancis, Christian Louboutin dan Yves Saint Laurent. Mr. Louboutin baru-baru ini mengajukan gugatan karena YSL melakukan sebentuk pemalsuan besar dan melanggar trade mark Louboutin yang sangat terkenal: sol merah. Gugatan tajam tersebut dilayangkan beserta empat spesifikasi model sepatu YSL yang dianggap sebagai tiruan: Tribute, Tribtoo, Palais dan Woodstock. Keempat jenis alas kaki YSL ini memiliki telapak merah, hingga memancing kemarahan Louboutin dan membuatnya memaksa YSL untuk menghentikan produksi.

Sepertinya kita semua tahu, bahwa Louboutin memang lekat dengan sepatu-sepatu indah bersol merah. Sejak kemunculannya, fashionista di dunia menganggap bahwa karya Louboutin adalah must-have-item meski bernilai puluhan ribu dolar sepasangnya. Namun, musim ini YSL meluncurkan Tribute, koleksi pumpshoes terbaru yang berwarna merah, senada dengan warna sol-nya. Tetapi, jauh sebelum konflik justifikasi ini dimulai, sebelumnya YSL telah merilis sepatu ungu dengan sol ungu, sepatu biru dengan sol biru, sepatu hijau dengan sol hijau. YSL memang sengaja menciptakan mereka semua dalam palet senada agar tampak lebih bold dan sophisticated. Fakta ini menunjukkan bahwa sesungguhnya YSL tak memiliki arah untuk mencontek Louboutin secara khusus, apalagi keduanya sama-sama kemewahan Paris yang memiliki penggemar masing-masing.

Menanggapi hal ini, pengacara Louboutin mengatakan, “Sol merah milik terdakwa sangat identik secara visual dengan milik Louboutin, maka kemungkinan besar akan menyebabkan kebingungan, kesalahan dan penipuan di kalangan masyarakat dalam proses pembelian yang relevan dengan pelanggaran asal-usul alas kaki.”

Namun jika diperhatikan dengan baik, YSL condong kepada bentuk yang lebih unik, sedangkan Louboutin memilih kisaran yang chic dan klasik. Gaya mereka jelas tak sama. Apalagi dengan perbedaan strukur dan tanda tangan yang signifikan, para konsumer tampaknya cukup cerdas untuk mengetahuinya. Bagaimana menurut anda? Haruskah YSL berhenti mengeluarkan platform shoes khas mereka? Apakah Louboutin memiliki dasar hukum yang cukup kuat?

(Berbagai sumber)

SHARE