Cara Hadapi Menstruasi Pertama di Sekolah

0
64

.Menstruasi bisa terjadi kapanpun dan di manapun. Anda tidak akan pernah tahu kapan buah hati Anda akan mengalami hal tersebut untuk pertama kalinya. Agar dirinya tidak merasa cemas dan panik ketika menstruasinya muncul, Anda harus mempersiapkannya terlebih dahulu.

 
Pertama, terangkan padanya mengenai siklus biologis seorang perempuan. Bagaimana siklus menstruasi itu terjadi, mengapa, dan cara menjalaninya. Jelaskan mengenai pembalut dan jenis-jenisnya. Ajarkan buah hati cara memakai pembalut, mencucinya setelah terpakai, membungkus, dan membuangnya ke tempat sampah, bukan ke dalam WC.

 
Setelah ia mendapat gambaran mengenai menstruasi. Dia cuma bisa menunggu waktu, kapan akan mengalami datang bulan. Bawakan dirinya sebuah pembalut, rok seragam, dan pakaian dalam cadangan untuk dibawanya ke sekolah setiap hari. Bila sekolah menyediakan loker, minta anak menyimpan barang-barang tersebut di sana. Mempersiapkan segala sesuatu sebelumnya akan membuat dirinya lebih tenang saat menghadapi menstruasi pertama.

 
Mungkin anak Anda tidak memiliki loker di sekolahnya. Tidak masalah bila ia tidak mau membawa rok seragam dan pakaian dalam cadangan setiap hari ke sekolah untuk berjaga-jaga. Namun ia harus mau membawa minimal sebuah pembalut yang belum terpakai ke manapun ia pergi. Sebagai seorang perempuan, anak harus dididik untuk selalu membawa benda penting ini ke manapun ia pergi.

 
Bila roknya terkena noda darah menstruasi, ajarkan dirinya untuk mendatangi seorang guru atau UKS (Unit Kesehatan Sekolah) dan meminjam sebuah rok seragam bersih. Sekolah pasti menydiakan beberapa seragam cadangan. Beritahu dirinya agar tidak malu dan cukup mengatakan, “Saya datang bulan pertama kali dan tidak bawa rok seragam cadangan.”

 
Anak harus mengerti, menstruasi tidaklah semenakutkan dan semerepotkan itu, bila dirinya sudah siap dan mengerti mengenai hal tersebut.

 
(Berbagai sumber)

SHARE