Hebat! Es Krim dan Burger Pengontrol Otak

0
54

.Makanan lezat seperti es krim ternyata bisa mengontrol otak Anda. Penelitian yang dilakukan oleh tim dari UT Southwestern Medical Center di Dallas, Amerika Serikat, menemukan bahwa lemak dari makanan seperti es krim dan burger bisa mengontrol otak manusia.

Molekul lemak dari makanan bisa memicu otak untuk menyampaikan pesan pada sel-sel tubuh untuk mengabaikan sinyal penekan nafsu makan dari hormon leptin dan insulin. Kedua hormon tersebut berperan besar menentukan berat badan.

“Secara normal, tubuh kita akan mengirimkan sinyal kenyang, ketika merasa cukup makan. Tetapi, hal itu sering tidak terjadi jika kita mengonsumsi makanan lezat yang berlemak tinggi,” kata Deborah Clegg, salah satu peneliti.

Melalui penelitian ini dapat terlihat reaksi kimia pada otak seseorang dapat berubah dalam waktu singkat. Dengan kata lain, jika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi otak akan terkontrol oleh molekul lemak dan kebal terhadap leptin dan insulin.

Peneliti juga menemukan tipe lemak yang bisa mengontrol otak. Lemak tersebut bernama palmitic acid yang ditemukan pada daging sapi, mentega, keju, dan susu. Lemak tersebutlah yang mengontrol otak Anda, untuk tetap mengonsumsi makanan lezat meskipun sudah merasa kenyang.

Penelitian yang dilakukan pada tikus ini dipublikasikan dalam The Journal of Clinical Investigation. Para peneliti menekankan untuk membatasi konsumsi lemak palmitic acid karena bisa merusak sinyal kenyang pada tubuh.

Karena itu, batasi porsi mengkonsumi es krim dan burger, karena pengiriman sinyal “kenyang” yang lama samapai ke otak, dapat meningkatkan obesitas.

(berbagai sumber)

SHARE