Recumbent Trikes, Sepeda Tiga Roda Rp79 Jutaan

0
88

.JAKARTA – Pernahkah Anda membayangkan sosok sepeda dengan tiga roda serta posisi duduk pengendara yang tidak lazim sebagaimana sepeda biasa?

Namanya Recumbent Trikes (RT). Sepeda dengan satu roda di depan dan dua roda di belakang ini memang baru akhir tahun lalu diperkenalkan di Indonesia. “Masuk Indonesia baru Desember 2010, dan tersedia di toko-toko sepeda mulai Januari 2011,” ucap seorang sales RT yang Ghiboo.com temui di Jakarta belum lama ini.

Sales tadi menyebutkan RT punya beberapa kelebihan dibanding sepeda biasa. Misalnya saja posisi pengemudi yang rebah ke belakang membuat beban tubuh terbagi merata sehingga siku, bahu, tulang punggung, tidak cepat lelah. Posisi seperti ini juga melatih otot perut.

Selain itu posisi kaki yang lebih tinggi di bagian depan membuat sirkulasi darah lebih lancar. Pengendara pun tidak mudah jatuh karena sepeda ditopang oleh tiga roda. Kemudian kecepatan sepeda juga diklaim lebih tinggi dibanding dengan sepeda roda dua biasa.

Ada sejumlah pordusen RT yang masuk ke Indonesia, diantaranya Trident Trikes dan Terra Trike dari Amerika Serikat (AS), Logo (Australia), KMX Karts (Inggris), dan HpVelotechnik (Jerman). Seluruh body sepeda didatangkan secara terpisah dan dirakit oleh masing-masing distributornya di Tanah Air.

Bila sepeda biasa sanggup dipakai oleh semua orang dengan berbagai profil tubuh, maka untuk RT punya ukuran-ukuran tersendiri. Untuk Teratek misalnya yang tersedia dalam ukuran S dan M serta size bagi anak-anak. Sedangkan merek lain ukuran sepeda bisa disesuaikan dengan postur tubuh si pengendara.

Meski belum populer, namun RT sudah mencuri perhatian sejumlah penggemar sepeda. Bahkan RT Club (RTC) Indonesia sudah terbentuk.

Nah, jika tertarik dengan sepeda beroda tiga ini silahkan keluarkan dana Rp10 jutaan untuk ukuran anak-anak dan Rp79 jutaan untuk ukuran dewasa. Aksesorisnya juga sudah tersedia loh. Anda dapat menambahkan speedometer, spion, headrest, lampu spakbor, pompa ban, serta tempat air minum.

(Ghiboo)
 

SHARE