Hati-hati Glaukoma 'Si Pencuri' Penglihatan

0
53

.Glaukoma adalah salah satu jenis penyakit mata dengan gejala yang tidak langsung terasa. Glaukoma secara bertahap menyebabkan penglihatan pandangan mata semakin lama berkurang, sehingga akhirnya mata akan menjadi buta. Hal ini disebabkan karena saluran cairan yang keluar dari bola mata terhambat, sehingga bola mata akan membesar. Selain itu, bola mata akan menekan saraf mata yang berada di belakang bola mata. Akhirnya saraf mata tidak mendapatkan aliran darah dan bola mata menjadi mati.

Glaukoma disebut sebagai ‘pencuri penglihatan’ karena sering berkembang tanpa gejala yang nyata. Penderita glaukoma sering tidak menyadari adanya gangguan penglihatan sampai terjadi kerusakan penglihatan yang sudah lanjut. Awalnya bayangan hitam muncul di sekitar penglihatan, kemudian lama kelamaan bayangan hitam makin menutupi seluruh penglihatan penderita. Diperkirakan 50% penderita glaukoma tidak menyadari mereka menderita penyakit tersebut.

Secara medis, gloukoma dapat diatasi, baik dengan obat maupun operasi. Sebagai alternatif, glaukoma dapat diobati dengan pemberian
vitamin dan mineral yang dapat menurunkan tekanan intraokuler, seperti
vitamin C, B1 (thiamin), kromium, dan seng.

Karena kerusakan yang disebabkan oleh glaukoma tidak dapat diperbaiki, maka deteksi, diagnosa dan penanganan harus dilakukan sedini mungkin.

(berbagai sumber)

SHARE