Help! Ketergantungan Nasi!

0
56

.Saking terbiasanya mengkonsumsi nasi, kita akan merasa seperti belum makan besar jika tanpa nasi. Padahal sumber karbohidrat bukan hanya nasi, sehingga asupan karbohidrat kita berlebihan dan berisiko mengalami obesitas.

Bagi masyarakat Indonesia, nasi diidentikan sebagai makanan pokok. Maka kita akan tetap mencari nasi agar definisi ‘kenyang’ terpenuhi, meskipun sebelumnya kita telah menyantap seporsi pizza atau semangkuk bakso. Padahal fungsi nasi sebagai makanan pokok bisa digantikan oleh kentang, mie, pizza, dan pasta.

Sama seperti nasi, semua makanan itu mengandung karbohidrat yang tinggi. Artinya, kalau kita sudah menyantap pizza atau kentang, tak perlu lagi mewajibkan diri makan nasi jika ingin terlepas dari risiko obesitas atau diabetes.

Mungkin agak sulit untuk mengubah kebiasaan mengkonsumsi nasi. Namun bukan berarti merubah kebiasaan ini tidak mungkin. Cobalah untuk mengurangi asupan karbohidrat dari makanan lainnya. Cukup satu sumber karbohidrat saja, untuk satu sekali makan, atau kurangi porsi pizza hingga setengahnya. Setelah itu, barulah kita boleh mengonsumsi nasi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat satu porsi penuh.

Cobalah mulai hari ini, agar cita-cita hidup sehat bisa segera terwujud!

(berbagai sumber)

SHARE