Vivienne Westwood: "Punk Hanyalah Strategi Pemasaran"

0
83

.Vivienne Westwood, desainer senior yang sangat terkait dengan gerakan Punk dan atmosfer 1970-an dalam garis rancangannya yang youthful, mengatakan dengan lugas tentang idenya di tahun-tahun silam. “Pada saat itu, Punk adalah alternatif untuk mengambil sedikit unsur sadomasocism dan pornografi untuk diubah menjadi fashion. Kini anda tak bisa melakukan hal itu lagi.”

Wanita berkebangsaan Inggris ini menambahkan, “Saya selalu mencoba menoleh ke belakang, Punk hanyalah gaya dan kesempatan pemasaran yang bagus. Sekarang saya tak menaruh kepercayaan apapun pada orang-orang muda. Saya akan percaya sejauh mereka selalu bertahan dengan idealismenya, tetapi banyak dari mereka yang telah dibesarkan menjadi konsumer kelas berat.”

Beberapa desainer memang dapat mengatakan bahwa mereka adalah pemimpin gerakan-gerakan hebat di masanya, namun kehadiran Westwood sebagai salah satu “ratu” Punk tak dapat dipungkiri, apalagi dengan pertahanan selama lebih dari 40 tahun dengan koleksi yang mengungkapkan simbol pemberontakan. Meski mengaku bahwa Punk hanyalah bagian dari triknya untuk menciptakan diferensiasi besar dalam perputaran fashion, namun hingga saat ini semua orang nyaris beranggapan bahwa dia memang memiliki pola, tekstur dan karakter yang kuat serta membawa konotasi seksual dan politik yang mengejutkan masyarakat awam.

Bahkan saat ini, Westwood yang baru saja menginjak usia 70 tahun pada 8 April lalu, belum pernah melunakkan gaya dan citarasanya, ia terus mendorong batas-batas tentang seperti apa fashion seharusnya. Meski semua pakaiannya terkesan tak wearable atau terlalu ajaib, ia tetaplah satu dari legenda besar dalam sejarah industri ini.

Happy birthday, Fashion Grandma!

(Berbagai sumber)

SHARE