Cinta Dapat Diteliti Secara Ilmiah!

0
51

.Hubungan suami istri dan keluarga ternyata ditanggapi dengan sangat serius di Seattle, Amerika. Sebuah institut khusus mengurusi permasalahan seputar relationship pun dibentuk, yakni The Relationship Research Institute (RRI).

RRI merupakan organisasi non-profit yang didirikan oleh Dr. John Gottman, setelah pensiun dari Universitas Washington pada 1997. Organisasi ini sudah cukup terkenal dan punya reputasi dalam mengadakan penelitian mendalam, kreatif, dan berkualitas tinggi. Anda pun bisa ikut berpartisipasi ke dalam organisasi ini dengan memberikan donasi atau ‘sekedar’ menjadi peneliti sukarelawan.

Lucu juga, ya, sampai muncul peneliti-peneliti cinta, bahkan sampai ada lab-nya! Tujuannya apa lagi kalau bukan untuk menguatkan ikatan keluarga melalui penelitian-penelitian inovatif. Sudah banyak proyek yang dilakukan mereka.

Proyek yang masih berlangsung adalah Creating Healthy Research Institute. Proyek yang telah dijalankan sejak 2006 silam ini mengimplementasikan dan menguji edukasi-psikologi pasangan di daerah Seattle-Tacoma demi memberikan kemampuan mengatur mengatur konflik yang terjadi di antara pasangan-pasangan tersebut. Selain itu, diharapkan hal ini dapat meningkatkan komunikasi antara pasangan, memperkuat keahlian dalam mengasuh anak, meningkatkan kedekatan, dan memberikan kepuasan dalam suatu relationship. Keberhasilan proyek tersebut akan tercapai bila hal ini dapat diimplementasikan pada keluarga-keluarga dengan pendapatan kecil.

Selain proyek di atas, masih ada beberapa proyek lain yang telah dilakukan RRI. Sebut saja Couples Decision Making Project. Berjalan dari 2008-2010, proyek tersebut dilakukan untuk mencari tahu bagaimana para pasangan membuat suatu keputusan. Dengan melakukan penelitian, mereka akan dapat meningkatkan kualitas program dan jasa yang dapat ditawarkan keluarga-keluarga berpenghasilan rendah di Amerika.

Ada juga proyek Baby Bringing Home Project (1999-2005). Mengombinasikan penelitian ilmiah dan pemberian jasa merupakan cara yang digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup anak-anak dan bayi. Cara berpikir yang logis. Ikatan keluarga dan hubungan orangtua-anak yang kuat dapat menigkatkan kualitas hidup anak-anak dalam keluarga. Untuk itulah RRI berusaha meningkatkan kualitas keluarga.

Mungkin hanya peneliti RRU-lah yang mengerti esensi kalimat, “Belahlah dadaku, maka engkau akan mengetahui isi hatiku.” Meski demikian, RRI tidak akan pernah ada dan besar seperti sekarang tanpa adanya Lab Cinta.

(Berbagai sumber)

SHARE