Merah Putih: Cara Tepat Menyikat Gigi

0
50

.Menyikat gigi merupakan salah satu kegiatan sehari-hari yang dilakukan setiap orang. Namun belum tentu setiap orang sudah menyikat gigi dengan baik. Kebanyakan orang menyikat gigi dengan keliru dengan gerakan kiri-kanan padahal yang benar adalah gerakan merah-putih.

Gerakan menyikat kiri-kanan tidak bisa menghilangkan sisa-sisa makanan yang tertinggal disela-sela gigi. Sebaliknya gaya merah-putih paling tepat membersihkan kotoran. Gaya merah-putih adalah menyikat gigi dari gusi ke gigi, jadi gerakan atas bawah. Dengan gerakan merah-putih sisa makanan yang tertinggal di antara celah-celah gigi bisa dikeluarkan.

Menyikat gigi berguna untuk membersihkan gigi dan mulut dari berbagai bakteri atau sisa-sisa makanan. Karena ada sekitar 300 jenis bakteri hidup di dalam mulut manusia. Berikut cara menyikat gigi yang baik :

1. Mulailah dengan menyikat gigi yang digunakan untuk mengunyah untuk menghilangkan sisa-sisa makanan.
2. Sikat gigi dimiringkan dan disikat memutar dengan sudut sedikat 45 derajat.
3. Hilangkan kebiasaan buruk menyikat gigi dengan gerakan kiri-kanan. Gerakan yang benar adalah ‘merah-putih’, yaitu dari gusi ke gigi.
4. Sikat gigi dengan lembut untuk membantu mengurangi plak dan merangsang gusi. Lakukan pijatan gusi untuk memperlancar peredaran darah.
5. Pindahkan sikat gigi ke posisi vertikal dan fokus dan gigi depan atas dan bawah dalam. Ini adalah bagian gigi tempat plak sering terakumulasi.
6. Bersihkan gigi pada seluruh permukaan gigi sampai ke celah-celah gigi dan saku gusi.
7. Buka mulut Anda lebar-lebar dan sikat juga permukaan lidah, bagian dalam pipi dan lagit-langit mulut. Ini merupakan langkah penting dalam menyikat gigi yang benar, karena kotoran bisa menjadi 80 persen penyebab bau mulut.
8. Bila dirasa kurang bersih, bisa diulangi cara-cara di atas.
9. Setelah selesai, bilas mulut dan sikat gigi dengan air bersih. Dan rendam sikat gigi beberapa menit di dalam air panas untuk membunuh bakteri mulut yang mungkin tertinggal di sikat gigi.

Jangan sampai salah lagi yah. Lakukan metode menyikat gigi yang benar untuk membersihkan kuman.

(berbagai sumber)

SHARE