Mourinho Si Pembuat Sejarah

0
45

.Pelatih yang satu ini memang sangat pantas dijuluki the special one. Jose Mario dos Santos Felix Mourinho, manajer berkebangsaan Portugal ini telah mengukir sejarah baru.

Lelaki kelahiran 26 Januari 1963 yang kini adalah pelatih Real Madrid, merupakan pelatih pertama yang berhasil membawa timnya lolos ke semifinal liga Champions dengan 4 klub yang berbeda. Dimulai dari FC Porto di musim 2003/2004, setelah itu Chelsea sebanyak dua kali pada musim 2005 dan 2007 serta Inter Milan pada musim lalu dan sekarang Real Madrid yang baru saja menghempaskan Tottenham Hotspur.

Mourinho memiliki karakteristik tersendiri, ia mengutamakan filosofi menang dengan berbagai cara apapun. Mourinho selalu bersifat optimis dan memiliki percaya diri yang tinggi. Terkadang ucapannya membuat pengang dan panas telinga pemain, pelatih, wasit dan bahkan manajemen klubnya sendiri. Itulah ciri khas Jose Mourinho.  

Pribadinya yang unik ini digandeng dengan torehan prestasi gemilang. Membawa FC Porto dan Inter Milan Juara Liga dan Liga Champions serta membawa Chelsea juara Premier League serta FA Cup langsung pada musim pertamanya melatih di Chelsea.

Kontroversi selalu melekat pada dirinya. “Tiada bintang selain diriku di dalam suatu tim,”  adalah kata-kata yang pernah dilontarkan oleh Jose Mourinho kepada media dan itu berlaku pada sistem kerja kepelatihannya. Di tim mana pun dia melatih, ia dapat menunjukkan kepemimpinannya yang tegas, bahkan pemain sekelas Cristiano Ronaldo juga tunduk dan mengikuti segala instruksinya.

Apakah Jose Mourinho akan mengulangi suksesnya dengan membawa Real Madrid menjadi tim ketiga yang dapat menjuarai liga champions? Meskipun sebelum mencapai itu the special one harus melewati tantangan besar dari Barcelona di semifinal tahun ini. Pada pertemuan pertama di pentas la liga, Barcelona menghancurkan Real Madrid di Nou Camp dengan skor 5-0, suatu hasil yang sangatlah pahit untuk diterima oleh seorang Jose Mourinho.

Akankah terulang lagi peristiwa kekalahan itu? Tahun ini duel el Classico akan terjadi sebanyak 5 kali yaitu 2 di la liga, 1 di final copa del rey dan 2 terakhir di liga champions.

Sebagai tambahan dalam kompetisi liga champions, Real Madrid menorehkan sejarah lebih baik dari Barcelona jika melihat dari berapa banyak piala liga champions yang dikumpulkan (9-3).

Mari kita tunggu apakah Jose Mourinho akan membuat sejarah lagi.

(Berbagai sumber)

SHARE