Stres? Kunyah Dark Chocolate Aja

0
51

.Makan cokelat hitam (dark chocolate) ternyata mendatangkan manfaat bagi mereka yang sering merasa cemas. Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Nestle Research Center di Lausanne, Switzerland, menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi cokelat jenis ini setiap harinya selama dua minggu dapat menurunkan kadar hormon stress kortisol dan juga katekolamin pada mereka yang memiliki tingkat kecemasan tinggi.

Para peneliti melihat efek dari mengonsumsi 40 gram cokelat hitam setiap hari selama dua minggu dengan pengukuran urin dan darah pada 30 dewasa sehat. Tingkat kecemasan para peserta sudah ditentukan sejak awal penelitian, dan sampel untuk darah maupun urin kemudian dikumpulkan serta dianalisa saat awal dan akhir dari penelitian selama dua minggu. Hasilnya bahwa konsumsi cokelat hitam harian akan turunkan kadar hormon stress pada mereka yang memiliki tingkat kecemasan yang tinggi.

Tidak hanya itu saja manfaat yang terdapat pada cokelat hitam, karena penelitian terbaru memperlihatkan bahwa 6,7 g dari cokelat hitam dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga sepertiganya.  Lantas apa yang membuat cokelat hitam spesial daripada jenis cokelat lainnya? Kandungan flavanoids (antioksidan) pada cokelat hitam dipercaya mendatangkan banyak keuntungan, seperti dapat menghentikan inflamasi, berhubungan dengan penyakit jantung, begitu juga menurunkan gumpalan darah dan  membantu mempertahankan diabetes dan tekanan darah tinggi.

Nah, tidak ada salahnya sesekali mengganti cemilan Anda dengan cokelat hitam.

(berbagai sumber)

SHARE