Waaahhh, Teh Herbal Bisa Berbahaya?

0
58

.Anda harus berhati-hati bila ingin mengkonsumsi teh herbal. Diduga, teh herbal memiliki kandungan sibutramine yang berbahaya. Herbal dipasarkan sebagai minuman yang berfungsi menurunkan berat badan, namun saat ini produknya telah ditarik di pasaran Eropa dan Amerika Serikat. Demikian laporan Badan Pengawas Obat dan Produk Kesehatan Amerika Serikat (MHRA) yang dirilis, belum lama ini.

Penelitian terhadap teh Payouji dan kapsul Pai You Guo Slim yang dilakukan oleh Badan Pengawas Obat Inggris mengungkapkan herbal mengandung sibutramine yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Karena itulah, herbal ditarik dari pasar AS dan Eropa sejak Januari 2010.

Sibutramine pertama kali disetujui sebagai obat antiobesitas pada 1997. Namun, data penelitian terbaru menunjukkan tingkat serangan jantung dan stroke sangat tinggi di antara orang yang mengonsumsi sibutramine.

Badan Pengawas Obat Inggris menyatakan, setiap produk yang mengandung sibutramine dianggap berbahaya bagi kesehatan manusia. Kandungan tersebut tidak hanya meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, kejang, serangan jantung atau stroke. Tapi, juga dapat mengganggu fungsi kerja obat-obatan lainnya.

Ternyata sesuatu yang herbal itu belum tentu baik. Jadi jangan mudah tergiur untuk membeli produk-produk ‘berbau’ herbal.

(berbagai sumber)

SHARE