Happy Healthy Weekend!

0
49

.Tidak terasa hari Jumat sudah tiba! Sudah punya rencana apa di akhir pekan besok? Padatnya aktivitas sering membuat energi kita terkuras habis. Mengingat besok libur, biasanya kita sudah terbayang dengan berbagai rencana seru untuk memanjakan diri. Sayangnya, tidak jarang semua rencana itu gagal untuk diwujudkan.

Asal kita pandai memanfaatkan waktu rehat, semangat bisa penuh kembali. Kondisi stres yang menumpuk dalam seminggu dan kegagalan berlibur bisa meningkatkan hormon kortisol. Hasilnya, kita menjadi cepat letih dan tua. Jangan biarkan hal ini terjadi, siasati waktu akhir pekan dengan lebih pandai dan sehat dengan ide berikut ini :

Mundurkan waktu bangun
Senin sampai Jumat banyak dari kita yang diharuskan bangun lebih pagi, karena harus ke kantor atau mengantar anak ke sekolah. Buatlah suasana berbeda di akhir pekan. Coba manjakan diri dengan memperpanjang waktu tidur selama 30 menit -1 jam. Selain bisa menciptakan nuansa hari libur, langkah ini juga mampu membuat pikiran kita lebih santai, demikian saran Sara Mednick, asisten profesor di University of California, San Diego. Untuk mempererat ikatan dengan anak, kita juga bisa mengajak si kecil untuk ikut ‘leha-leha’ sejenak di kasur. Lalu, lanjutkan dengan membuat sarapan praktis untuk keluarga tercinta.

Bermain dengan anak
Kesibukan kerja sering membuat kita lupa untuk meluangkan waktu berinteraksi dengan si kecil. “Buat akhir pekan sebagai hari spesial kita bersama anak tersayang. Tidak hanya keakraban saja yang kita dapatkan, selama bermain ternyata daya imajinasi, keberanian, dan keceriaan anak-anak dapat menular kepada kita,” jelas Jill Murphy Long, penulis Permission to Play. Pilihlah permainan yang melibatkan seluruh anggota keluarga, saran Fabiola. Bosan main di dalam rumah? Kita bisa variasikan dengan melakukan kegiatan olahraga, seperti berenang di waterpark.

Belanja kebutuhan rumah tangga
Apapun aktivitasnya, asalkan dilakukan dengan nyaman dan rileks bisa menghasilkan perasaan dan pikiran positif. Termasuk saat belanja kebutuhan rumah tangga. Ajak suami dan si kecil dan minta bantuan mereka untuk membawakan belanjaan. Aktivitas ini mampu meningkatkan rasa percaya diri anak kita. Karena mereka merasa memegang peranan dalam melakukan sesuatu.

Menonton film
Saatnya NoBar atau nonton bareng keluarga! Penelitian dari University of Chicago menyebutkan, menonton bersama di bioskop bisa meningkatkan semangat. Sabtu malam adalah waktu yang lebih ideal, dan hindarilah jadwal larut malam. Mengapa? Karena kita mencari kesenangan bukan kelelahan. Meski sedang libur, bukan berarti jam biologis kita tidak dijaga. Jangan lupa untuk memilih film yang tepat dan aman dinikmati oleh seluruh anggota keluarga, terutama anak.

Bebenah rumah
Selalu memberikan tanggung jawab bebersih rumah ke pembantu rumah tangga? Tidak untuk weekend kali ini. Membereskan rumah bersama keluarga bisa menjadi pengalaman yang berkesan. Jadi tidak salah untuk menjadikan ide ini sebagai agenda akhir pekan. Kita bisa memulai dengan men-sortir pakaian bekas layak pakai di lemari pakaian. Lipat rapi, lalu masukkan ke dalam kardus dan sumbangkan ke orang yang membutuhkan.

Kemudian lanjutkan dengan melenyapkan makanan dan minuman yang sudah tidak layak dikonsumsi dari kulkas. Maksimalkan aktivitas bebenah kita dengan tidak melupakan sudut-sudut ruang yang kotor dan penuh debu.

Have a great and healthy weekend!

(berbagai sumber)

SHARE