Rahasia Sang Pengasuh

0
53

.Mungkin Anda sudah begitu mempercayakan anak Anda kepada sang babysitter atau jasa baby daycare langganan. Anak selalu terlihat baik-baik saja dan sepertinya senang setelah ditinggal bersama mereka. Tapi banyak hal yang sebenarnya disaksikan dan diketahui mereka, yang tidak dikatakan pada Anda. Hal tersebut menyangkut si kecil atau bahkan diri Anda sendiri.

Bersikap baik pada babysitter itu penting

Entah terhadap pegawai baby daycare atau babysitter, Anda harus memperlakukan mereka dengan baik. Menurut orang-orang tersebut, Anda harus bertutur kata seperti Anda menginginkan anak bertutur kata. Gunakan kata ‘tolong’ dan ‘terima kasih’. Rasa terima kasih yang tidak seberapa ternyata memiliki makna besar bagi mereka. Jerih payah mereka dihargai dan ini penting. Dengan berkata sopan, Anda juga secara tidak langsung memberi contoh positif pada si kecil. Bila ia melihat ayah atau ibunya berkata-kata pada sang pegawai tanpa rasa hormat, hal inilah yang akan ia rekam dalam otaknya dan ia pelajari.

Pentingnya waktu

Anda tidak hanya harus menjemput si kecil dari baby daycare demi kepentingan tempat tersebut, namun juga demi buah hati. Menurut pegawai baby daycare, bila anak dijemput terlambat, ia akan merasa diri tidak dianggap penting oleh orangtua. Mereka akan cepat mempelajari kenyataan bahwa teman-temannya sudah lebih dulu dijemput tepat waktu, sedang ia selalu baru dijemput setelah semua temannya pulang. Kerap melakukan ini dan anak akan semakin percaya bahwa Anda tidak mementingkannya.

Pengasuh bukan PRT

Team work yang bagus antara Anda dan pengasuh dibutuhkan untuk bisa merawat anak secara maksimal. Untuk membuat tim berjalan dengan sukses, Anda harus bisa saling memahami satu sama lain. Mengertikah dan perdulikah Anda dengan perasaan? Dengarkan keluhannya. Ingat, pengasuh bukanlah asisten rumah tangga. Tugasnya adalah merawat anak, bukan rumah. Silakan suruh dia mengepel lantai akibat muntahan anak. Namun jangan suruh dia mengepel lantai kamar tidur, karena tempat tersebut belum dipel. Bedakan, ya!

Pengasuh gagal

Kebusukan-kebusukan pengasuh hanya dapat muncul setelah Anda menghilang dari pandangannya. Ia membentak buah hati dan membahayakan nyawa si kecil karena sibuk dengan ‘kegiatannya’ sendiri. Hal ini dikatakan para pegawai baby daycare yang melihat sendiri kelalaian para pengasuh tersebut. Harus lebih waspada, Ma!

Ajaran disiplin

Mungkin Anda mengeluh mengenai perilaku anak yang tidak bisa diatur. Nakal dan liar. Ini bisa jadi dikarenakan Anda tidak pernah mendisiplinkan dirinya. Anda terlalu lunak, menuruti, dan memanjakan buah hati. Diakui para pegawai baby daycare, anak-anak itu jauh lebih mudah diatur ketimbang saat bersama dengan orangtuanya. Sederhana, ini karena mereka menerapkan aturan dan selalu mematuhinya. Hukuman selalu dijalankan, bukan hanya untuk menakut-nakuti. Anak-anak itu pintar, lho! Bila mereka tahu bahwa orangtuanya mudah ‘dibelokkan’, mereka pun akan bertingkah seenaknya.

Anak pengganggu

Anak sering berkelahi dan mengalami memar biru akibat gigitan atau pukulan-pukulan? Jangan geram dahulu. Coba tanyakan baik-baik pada para pegawai baby daycare, siapa sebenarnya yang memulai pertikaian, si kecil atau temannya? Pegawai-pegawai tersebut mungkin tidak akan berani melaporkan kenakalan Anda bila tidak dipancing terlebih dulu dengan sebuah pertanyaan langsung dari Anda sendiri.

Anak butuh perhatian lebih

Tidak hanya uang, anak pun membutuhkan perhatian dan kasih sayang. Para pengasuh bisa melihat ini, mengapa Anda sebagai orangtua justru tidak bisa merasakannya? Meski sibuk, luangkanlah lebih banyak waktu di rumah. Jangan lupakan si kecil yang butuh ‘kehangatan’ orangtua. Pernahkah Anda sibuk terpaku pada telepon selular, sementara anak dengan antusias menjelaskan sebuah rangkaian gambar, yang sengaja dibuatnya seharian hanya untuk diceritakan kepada Anda? Anak biasanya akan ‘bertingkah’ saat merindukan orangtuanya. Ia akan terbangun pada malam hari, menangis kencang, dan mencari-cari orangtuanya.

Mungkin masih banyak hal lain yang tersimpan rapat pada para pengasuh ataupun pegawai baby daycare. Tanyakan pada mereka. Siapa tahu dengan mengetahui hal-hal tersebut, akan membuat Anda menjadi orangtua yang lebih baik. Tentu saja, bila Anda bersedia merubah diri dan sikap ke arah yang lebih baik.

(Berbagai sumber)

SHARE