Diet Makanan Mentah, Amankah?

0
57

.Mengkonsumsi makanan mentah (raw food) kini menjadi pilihan sejumlah orang. Jenis makanan yang dipilih adalah biji-bijian, sayur-sayuran, kacang-kacangan, buah, dan sebagainya. Arus yang mendasari mulai merebaknya pengkonsumsian bahan makanan yang masih mentah itu adalah konsep yang mengatakan tubuh manusia tidak didesain untuk menerima makanan yang telah dimasak.

Makanan yang melalui proses pemasakan juga disebut sudah kehilangan unsur-unsur gizi, sehingga tidak menyehatkan lagi. Makanan mentah juga dipercaya akan mengeluarkan racun dari tubuh secara alami. Beberapa penganut diet raw food juga percaya pola makan ini bisa menurunkan berat badan, membuat kulit lebih sehat dan tubuh lebih bugar.

Akan tetapi, muncul kekhawatiran dari diet ini, yakni adanya bakteri dan pestisida yang mungkin masih menempel dalam bahan-bahan makanan. Karena dengan kondisi air tanah yang bisa saja kotor, tidak merekomendasikan diet makanan mentah, kecuali jika bahan makanan mentah itu dicuci dulu dengan air matang.

Sementara itu, pendapat yang mengatakan makanan matang bisa menghilangkan unsur gizi makanan terbukti hanya sedikit unsur yang hilang, kecuali direbus hingga sangat matang.

(berbagai sumber)

SHARE