Tips Raih Hubungan Sehat dari Master Cinta

0
53

.Beberapa pasangan yang menikmati hubungan yang sehat dan memuaskan diteliti perilakunya oleh Dr. John Gottman – pendiri Love Lab – menggunakan teori Sound Relationship House. Pasangan-pasangan ini disebut master dalam percintaan.

Bagaimana cara para master hubungan percintaan yang sehat tersebut membangun dan menjaga hubungan tersebut hingga dapat abadi? Renay Cleary Bradley, direktur Relationship Research Institute, mengatakan ada empat hal yang harus dihindari pasangan, yakni mengkritik terlalu sering, terlalu membela, menahan, atau menutup diri, menghina pasangan, dan menghentikan komunikasi dengan pasangan.

Kunci untuk dapat memiliki hubungan yang sehat dan awet tahan lama berkualitas tinggi hanya dua, memposisikan pasangan sebagai teman dan tempat berbagi, serta menjalankan komunikasi terbuka dan positif dengannya.

Anda harus saling menyukai kegiatan sehari-hari, impian, cita-cita, dan masih banyak hal lainnya. Selain itu, banyak-banyaklah bertukar pikiran dengannya dan saling memberikan kasih sayang dalam bentuk kecil, seperti senyuman, tawa, sentuhan, genggaman tangan, dan lainnya. Bila di antara Anda berdua sudah tidak ada perilaku-perilaku ini, maka tidak ada gunanya lagi mempertahankan hubungan. What’s the point, anyway?

Lakukan komunikasi dengan baik. Hadapi konflik dengan kalem dan rasa empati. Bukan dengan teriakan dan caci maki. Tidak perlu mengomentari kelakuan dan reaksi pasangan saat berselisih pendapat. Cukup ungkapkan perasaan Anda dan sebisa mungkin tidak saling menuduh. Jangan memperkeruh dan memperlebar masalah yang sudah ruwet.

Hubungan sehat, jiwa raga pun sehat. Setuju!

(Berbagai sumber)

SHARE