Percobaan Ilmiah yang Menyenangkan di Rumah

0
57

.Ilmu pengetahuan ilmiah dirasa selalu menjadi subyek mengerikan, sulit, dan menjemukan bagi anak-anak. Padahal, mata pelajaran ini sebenarnya penuh petualangan, penemuan, dan hal-hal baru. Buatlah beberapa permainan ilmiah di rumah untuk menarik perhatian dan minat anak ke sana. Bila perlu ajak teman-temannya, agar lebih meriah dan menyenangkan!

Melacak Sidik Jari

Untuk melakukan proyek ini, Anda memerlukan bedak talek, selotip yang lengket dan kuat, kartu hitam, kantong plastik yang dapat disegel, serta gelas-gelas minum yang bersih. Isilah kantong plastik tersebut dengan bedak talek. Bubuhkan beberapa bedak di ujung jari Anda. Tinggalkan sidik jari di gelas dengan cara menekankan ibu jari secara hati-hati ke permukaan gelas tersebut. Katakan kepada anak, bahwa sebagai detektif baru, anak harus belajar cara mengambil sidik jari dan membedakannya dari sidik jari orang lain. Berikan sekantong plastik bedak talek pada tiap anak. Biarkan mereka menekankan jari di atas bedak, menempelkan jari itu ke gelas, dan meninggalkan sidik jari masing-masing di sana.

Pesan Tak Terlihat

Kumpulkan beberapa benda ini, teko pengukuran, air, baking soda, kertas, kuas gambar kecil, botol jus lemon kecil, dan sebuah senter. Isilah teko tersebut air dan baking soda dengan seimbang. Campurlah keduanya. Celupkan kuas ke dalamnya dan gunakanlah untuk menuliskan sebuah pesan di atas kertas yang telah disediakan sebelumnya. Jelaskan kepada anak, bahwa ada sebuah pesan rahasia di atas kertas tersebut dan sang detektif harus menemukannya. Berikan mereka bantuan dengan senter dan jus lemon. Seru, kan?

Kromatografi

Siapkan spidol yang dapat larut dalam air, gunting, air, teko, gelas minum, dan handuk kertas. Potong-potong kertas tersebut menjadi berbentuk garis-garis. Minta si kecil memilih pena berwarna dan menggambar sebuah titik di dasar setiap helai kertas yang telah berbentuk seperti garis tadi. Isi teko dengan air dan ajak buah hati untuk menuangkan sedikit air perlahan-lahan ke dasar setiap gelas. Setelah selesai, minta buah hati memasukkan kertas yang telah diberi titik ke dalam air. Tinggalkan selama 20 menit. Anak pasti akan terkagum-kagum dengan hasilnya nanti!

Cukup menarik, bukan, untuk anak-anak?

(Berbagai sumber)

SHARE