Ruang Chat Gratis Untuk Anak di Internet

0
61

.Dunia maya tidak hanya menarik orang dewasa, namun juga anak-anak. Banyaknya hal-hal yang porno, berbau kekerasan, dan sebagainya yang tidak pantas buat anak-anak di internet bukan lantas menghentikan hak mereka untuk menikmati sosialisasi dunia maya tersebut. Banyak, kok, ruang chat gratis yang khusus diperuntukkan anak-anak kecil. Namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Beberapa situs menyediakan khusus ruang chat untuk anak-anak. Kids chat room bisa didapatkan di banyak tempat di internet. Bahkan anak Anda bisa membuat sendiri ruang chat itu dengan mengundang teman-temannya memasuki ruangan dan mengobrol di sana. Lebih enak seperti ini, lebih private dan tertutup. Anak hanya akan berinteraksi dengan teman-teman yang memang sudah dikenalnya. Bukan asal anak yang mungkin tidak memiliki karakter yang baik untuk perkembangan buah hati.

Tidak semua ruang chat dimoderasi dengan baik. Cari tahu dulu, siapa yang akan menjadi moderator di ruang chat tersebut. Beberapa situs menjanjikan minimal seorang dewasa untuk menjadi moderator dan mengawasi dengan ketat jalannya perbincangan di sana. Namun banyak juga yang tidak selalu memiliki moderator dan pembicaraan di ruang pribadi tidak dimonitor. Untuk itu – seperti telah dikatakan di atas – agar obrolan pribadi tetap pada batas-batas wajar, minta anak untuk membuka private room hanya dengan teman-teman dekatnya saja.

Kemanan di dunia maya lebih susah dijaga dibanding di dunia nyata. Dalam sekejap sang ‘penjahat’ akan langsung menghilang tanpa jejak, karena nama yang digunakan adalah nama sasaran, begitu pula identitasnya, palsu. Untuk itu, periksa segala user ID anak. Jangan menuliskan data pribadi. Bila perlu, larang anak melakukan pembicaraan pribadi di situ.

Jangan pernah meninggalkan si kecil sendirian saat sedang asyik berinternet. Larang dirinya untuk melakukan ‘kopi darat’ dengan ‘teman’ yang baru dikenalnya melalui ruang chat tersebut. Lacak jejak pergaulannya di internet, ia mengunjungi situs apa saja, masuk ke ruang chat mana saja, dan meluangkan berapa banyak waktu di setiap tempat? Jangan lengah!

Banyak dan ketatnya aturan saat bersosialisasi di ruang chat gratis khusus anak di internet bukan lantas mematikan kesenangan anak bertemu orang-orang baru di sana. Tidak boleh membicarakan topik pribadi bisa dengan mudah diatasi dengan menghadirkan topik kartun, cuaca, PR, hobi, dan masih banyak lagi. Selama itu masih umum dan disukai si kecil, hal tersebut tetap akan menyenangkan.

(Berbagai sumber)

SHARE