Adik Baru Audi Q5 dan Q7 yang Layak Dinanti

0
65

.JERMAN – Kehadiran Audi Q3 memang cukup unik. Hanya berselang sepekan dari sketsa pertamanya yang dimunculkan, pabrikan Jerman itu sudah secara resmi merilis info detil mengenai Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru mereka.

Q3 memang diposisikan sebagai varian terendah setelah Q7 dan Q5. Namun dipasaran mobil ini tidak “berjalan” sendirian. Ada BMW X1 serta Volkswagen (VW) Tiguan yang juga menyasar segmen serupa Q3.

Agar mampu bersaing dua kompetitor senegaranya itu, Audi coba hadir dengan sejumlah trik. Dari sisi desain misalnya. Meski muncul dengan dimensi lebih mungil dibanding Q5 serta Q7, namun Audi Q3 tak kalah gagah dibanding dua saudara tuanya.

Coba saja perhatikan bentuk front facia. Antara grill, bumper depan, dan head lamp, mungkin semua setuju Q3 tak jauh berbeda dengan Q5 serta Q7. Pun demikian dengan bagain sisinya, penggunaan velg berdiameter besar serta rear lamp yang juga masih “sedarah” dengan Q5.

Interior juga menawarkan Anda paket kabin mewah serta nyaman untuk perjalanan jarak jauh. Tak perlu khawatir akan ruang bagasi. Pada konfigurasi normal, bagasi sudah memiliki kapasitas 460 liter, bila belum cukup bisa lipat kursi baris kedua maka bagasi akan membengkak hingga 1.365 liter.

Saat tampil perdana di Shanghai Auto Show akhir bulan nanti, Audi menawarkan Q3 dalam tiga trim level mesin. Dua varian mengusung mesin bensin, sementara satu lagi hadir dengan mesin TDI diesel.

Untuk mesin bensin pertama menggunakan kapasitas 2.0 liter TFSI berdaya 170 hp. Varian mesin kedua juga tetap sama, hanya saja keluaran dayanya 211 hp. Versi paling kuat dari Q3 bensin ini mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 6,9 detik dengan top speed 230 kpj.

Sementara Q3 varian diesel menggunakan mesin 2.000cc TDI berdaya 177 hp. Mesin diesel ini selain ramah lingkungan juga memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Dari pengujian yang dilakukan Audi, Q3 TDI hanya mengkonsumsi 5,2 liter solar untuk dipakai sejauh 100 km.

Sudah tak sabar meminang Audi Q3? Tahan dulu. Karena di Eropa sendiri Q3 baru dipasarkan Juni dengan harga mulai dari Rp373 juta.

(berbagai sumber)

SHARE