Memilih Pengasuh Terbaik

0
45

.Mencari seorang pengasuh tidak bisa disamakan seperti mencari seorang asisten rumah tangga. Anda harus lebih teliti dan waspada. Orang tersebut bukan mengurus benda, namun membantu Anda merawat si kecil.

Jangan asal mempekerjakan seseorang. Anda bisa mendapatkan seorang pengasuh dari sebuah yayasan, teman, atau dari kerabat. Pengasuh dengan rekomendasi terbanyak patut sedikit banyak mendapatkan lirikan dari Anda. Bila banyak teman atau kerabat telah menceritakan banyak hal positif dan puas dengan hasil kerjanya, maka ada kemungkinan besar bahwa Anda dan si kecil juga tidak akan dikecewakan olehnya.

Meski demikian, lakukan cross-check. Lakukan interview seputar pekerjaan dan tanggung jawabnya. Dengan ini Anda bisa melihat dari mata dan gerak tubuhnya, apa dia memang memahami pekerjaan tersebut atau tidak. Tanya seberapa lama pengalamannya dan bila ia memberikan referensi keluarga-keluarga tempat dia bekerja dulu, segeralah melakukan pengecekan. Telepon keluarga-keluarga tersebut. Tanyakan langsung pada mereka, apa benar sang pengasuh bekerja dengan baik selama di sana, bagaimana cara kerjanya, dan masih banyak lagi.

Bila anak sudah bisa diajak berkomunikasi, maka sebelum memutuskan, tanya juga pendapat anak, apa dia menyukai calon pengasuh barunya tersebut? Bisa jadi anak Anda hanya akan menyukai pengasuh yang selalu terlihat rapi dan belum terlalu tua. Beberapa anak tidak suka ditemani oleh orang-orang tua. Bagi si kecil, pengasuh yang cukup berumur terlihat galak dan jarang mau diajak bermain bersama.

Terakhir, jangan lupa juga untuk menyiapkan budget yang cukup besar untuk mendapatkan pengasuh terbaik untuk si kecil. Kids deserve the ‘second best’ when parents are not around, right?

(Berbagai sumber)

SHARE