Berikan Pendidikan Terbaik Untuk Anak Perempuan

0
55

.Sudah tidak zamannya lagi untuk menganak tirikan anak perempuan yang Anda miliki dalam keluarga. Seperti saudara lelakinya yang lain, ia pun memiliki hak yang sama, termasuk mengenyam pendidikan.

Mendekati hari Kartini yang akan jatuh pada 21 April nanti, ada baiknya kita mengingat apa yang pernah diucapkan beliau, “Kita harus membuat sejarah. Kita mesti menentukan masa depan kita yang sesuai keperluan kita sebagai kaum wanita dan harus mendapat pendidikan yang cukup seperti halnya kaum lak-laki.”

Apa yang dikatakan Kartini memang benar. Hal ini serupa makna dengan apa yang diucapkan oleh salah seorang anggota ikatan istri pejabat BUMN pada event Wanita dan Kekinian (18/4/2011), saat mengutip pernyataan ibu negara, “Negara bagai burung garuda. Tidak akan bisa terbang tinggi tanpa kedua belah sayapnya. Begitu pula negara, tidak akan bisa berkembang maju tanpa menggunakan dan memberdayakan sayap perempuan.”

Jadi, banyak hal yang akan Anda lewatkan, bila Anda meremehkan partisipasi anak perempuan Anda di rumah untuk ikut berkarya, belajar, berpendapat, dan berkembang. Anda harus memberikan pendidikan yang terbaik untuknya, sama seperti yang didapatkan kakak atau adik laki-lakinya. Bahkan, bila dia akhirnya mampu lebih berhasil secara akademis dibanding saudara lelakinya, maka tidak ada yang salah dengan hal tersebut.

Tingkat ataupun kualitas pendidikan sama sekali tidak ditentukan dan tidak memiliki relevansi dengan gender anak.

(Ghiboo)

SHARE