Berakhirnya Perjalanan Franky Sahilatua

0
53

.Setelah Arie Wibowo, Indonesia kembali ditinggalkan oleh salah satu legenda musiknya, Franky Sahilatua. Penyanyi balada ini meninggal hari ini (20/4) di RS Medika Permata Hijau Jakarta karena penyakit kanker tulang belakang yang dideritanya.

Saat meninggal, Franky sedang ditemani oleh istri dan anak bungsunya. Jenazah direncanakan akan dimakamkan esok hari (21/4) menunggu salah satu anaknya yang sedang dalam perjalanan ke Jakarta dari Singapura.

Franky yang kelahiran Surabaya mulai dikenal ketika ia berduet dengan adiknya, Jane Sahilatua, dengan nama Franky & Jane. Duet ini sempat menghasilkan lima belas album dengan sederetan hits. Sejak tahun 1990-an hingga sekarang, Franky banyak terlibat dalam aksi-aksi panggung bertema sosial dan nasionalisme. Ia aktif terlibat dalam masa peralihan politik dari Orde Baru menuju Reformasi, penentangan RUU APP, serta gerakan anti globalisasi.

Artis dan politisi, Rieke Diah Pitaloka mengaku bahwa selama ini terjun ke dunia politik karena termotivasi lagu dari Franky. Lagu-lagu Franky juga sempat dibawakan ulang oleh musisi muda, salah satunya adalah Risa Saraswati. Mantan personil Homogenic ini merilis debut album solo dan membawakan ulang lagu Perjalanan dari Franky & Jane kedalam daftar lagu-lagunya.

Rest in love Franky.

(berbagai sumber)

SHARE