Hiii…Daging di Supermarket Berkuman!

0
44

.Setengah daging dan unggas yang dijual di supermarket memiliki kemungkinan tercemar kuman Staph. Perkiraan ini didasarkan dari 136 sampel daging sapi, babi, ayam, dan kalkun yang dibeli dari toko grosir di Chicago, Los Angeles, Washington DC, Flagstaff, Arizona dan Fort Lauderdale (Florida), baru-baru ini, dan diteliti.

Menurut para peneliti, memasak dengan cara yang tepat dan mencuci tangan dapat membunuh kuman. Pejabat kesehatan federal juga memperkirakan kandungan kuman Staph kurang dari tiga persen dari penyakit bawaan makanan, jauh lebih sedikit daripada kuman pada umumnya, seperti salmonella dan E. coli.

Penelitian baru ini menemukan lebih dari setengah sampel daging tersebut mengandung staphylococcus aureus, bakteri yang bisa membuat orang sakit. Bahkan lebih buruk lagi, setengah dari sampel tercemar itu memiliki tipe Staph yang tahan terhadap setidaknya tiga jenis antibiotik.

Kuman Staph biasanya ditemukan pada kulit dan dalam hidung orang sehat. Bakteri ini dapat tersebar dengan berbagai cara, termasuk di pabrik kemasan atau di dapur. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit memperkirakan bahwa jumlah kasus Staph sekitar 240 ribu kasus per tahun.

Hindari mengkonsumsi daging mentah atau setengah matang, agar bebas dari serangan kuman Staph.

(berbagai sumber)

SHARE