Karnaval Batik dan Werkudara Dari Solo

0
52

.Sama seperti jiwa yang mengakar dalam tubuh manusia, batik telah lama dikenal sebagai salah satu warisan budaya dengan nilai serta filosofi yang sangat kuat bagi warga Kota Solo. Salah satu ikon dan identitas budaya bangsa ini dapat mengacu pada dua hal, yang pertama yaitu teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam, sedangkan yang kedua adalah jenis kain atau busana yang dibuat dengan teknik dengan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Dalam kata yang paling dasarnya, istilah “batik” berasal dari gabungan dua kata dalam bahasa Jawa, yaitu “amba” yang artinya “menulis”, serta “titik”.

Keberadaan batik yang telah lama melebur menjadi satu dalam setiap nafas dan langkah warga Kota Solo tersebut kini telah memiliki moment istimewanya, yaitu Karnaval Batik Solo yang diadakan setiap tahun untuk memperkuat tradisi serta mempromosikan batik di skala nasional dan internasional.

Karnaval Batik Solo atau yang dalam bahasa internasional juga dikenal dengan sebutan Solo Batik Carnival ini mengkombinasikan kegiatan upacara, pagelaran busana serta karnaval dengan menggunakan batik sebagai bahan utama pembuatan kostum. Para peserta karnaval akan membuat kostum karnaval dengan tema-tema yang di tentukan. Event budaya ini berlangsung setiap bulan Juni sejak tahun 2008 dan selalu digelar di sepanjang jalan Slamet Riyadi. Untuk tahun ini, acara Solo Batik Carnival (SBC) 2011 rencananya akan digelar mulai tanggal 25 Juni dan akan mengangkat tema legenda.

Selain menikmati karnaval batik yang masih baru akan digelar di bulan Juni, Anda juga dapat menikmati wisata terbaru di Kota Solo, yaitu bus tingkat wisata Werkudoro yang menyajikan paket wisata kuliner, wisata belanja, wisata sejarah dan budaya, serta melintasi berbagai objek wisata Kota Solo seperti Loji Gandrung, Museum Radya Pustaka, Museum Batik Wiryodiningratan, dan Pura Mangkunegaran. Anda dapat menikmati perjalanan wisata berkeliling Kota Solo bersama Werkudara, mulai sekarang juga. Selami keindahan budaya dan warna-warni kehidupan Kota Solo bersama Werkudara.

(Berbagai sumber)

SHARE