Sulit Konsentrasi? Bisa Jadi Anda Kurang Vitamin D

0
49

.Rendahnya tingkat vitamin D dalam tubuh berkaitan dengan aktivitas berpikir atau melemahnya kemampuan kognitif pada laki-laki dewasa. Namun, kemungkinan apakah suplemen vitamin D dapat membantu mengatasi masalah ini masih belum diketahui. Demikian dikatakan oleh penelitian yang dilakukan baru-baru ini.

Dalam studi tersebut, subjek penelitian yaitu 3.133 pria dewasa dengan usia 40 sampai 79 tahun, yang terdaftar di Eropa Male Aging Study (EMAS). Rata-rata tingkat hydroxyvitamin D-25,  bentuk tidak aktif dari vitamin D yang digunakan untuk mengukur tingkat dari vitamin adalah 63 nanomoles per liter. Tingkat 90-140 nanomoles per liter biasanya dianggap optimal. Terbukti, mereka yang memiliki asupan vitamin D rendah memiliki kemampuan kognitif lebih buruk dari  pria dengan asupan vitamin D yang baik. Hal itu diungkapkan Dr. David M. Lee dari University of Manchester, Inggris. Walaupun, David menekankan, perbedaannya tidak terlalu besar.

Jika tingkat vitamin D pada tubuh rendah maka demikian pula kemampuan kognitif. Analisa lebih lanjut menunjukkan,  hubungan ini terjadi pada sebagian besar laki-laki berusia lebih dari 60 dengan tingkat vitamin D di bawah 35 nanomoles per liter. Para peneliti memuat temuan mereka dalam Journal Neurology, Neurosurgery, dan Psychiatry. Meskipun perbedaannya kecil, namun David dan peneliti lain menekankan, suplemen vitamin D dapat meningkatkan kemampuan kognitif, sehingga penelitian ini dapat mempengaruhi dunia kesehatan.

Selain mengkonsumsi vitamin C untuk kekebalan tubuh, jangan lupa asupan vitamin D yah.

(berbagai sumber)

SHARE