Yordania… MEGA Situs, MEGA Budaya

0
57

.Sebuah sistem informasi manunggal berbasis web geografis yang bertujuan untuk membakukan dan memusatkan seluruh informasi mengenai berbagai situs arkeologi yang banyak tersebar di kawasan Yordania telah tersedia dalam bahasa Arab-Inggris dengan nama MEGA_J. Inilah salah satu upaya bangsa Yordania untuk melindungi, melestarikan, dan tentu saja mempromosikan kekayaan budayanya.

Sebagai sebuah negara di kawasan Timur Tengah yang berbatasan dengan Suriah, Arab Saudi, Irak, serta Israel dan Tepi Barat, Yordania memiliki cukup banyak alasan untuk mencemaskan keselamatan dan kelanggengan berbagai kota kuno dan situs arkeologi yang mereka warisi sejak zaman para nabi. Selain ancaman dari perbatasan, derasnya arus pariwisata dan perluasan area perkotaan juga dirasakan sebagai sebuah ancaman. Oleh karena itu, perealisasian proyek MEGA_J dirasa perlu karena akan memainkan peran penting dalam pelestarian harta arkeologi Yordania.

Sejauh ini proyek MEGA_J telah melakukan inventarisasi, pemantauan, dan pengelolaan terhadap sejumlah besar situs warisan budaya Yordania, termasuk Situs Warisan Dunia Petra, Umm er-Rasas, Qasr Amra, serta sekitar 10.750 lokasi dan 45.000 elemen situs warisan budaya. Sungguh sebuah warisan dalam jumlah yang luar biasa megah, dan aksinya sendiri patut kita teladani.

(Berbagai sumber)

SHARE