Bagaimana Memilih Kebaya Pesta Terbaik?

0
70

.Kini kebaya tak lagi sekedar sesuatu yang konvensional, namun menjadi salah satu opsi untuk melangkah ke pesta dengan lebih baik lagi. Perpaduan nuansa budaya dengan cutting yang menonjolkan sisi feminin adalah nilai plus dari sebuah rancangan kebaya, apalagi jika dilengkapi dengan pengaruh modern yang menyulap wanita menjadi sosok anggun tak tertandingi. Namun bagaimana mendapatkan kebaya pesta terindah yang paling pas di hati? Berikut ini beberapa langkah yang perlu diperhatikan untuk tampak cantik dalam kebaya impian:

1. Sesuaikan dengan bentuk tubuh

Tubuh jam pasir: pemilik bentuk tubuh ini memiliki pinggang yang kecil dengan lingkar dada dan pinggul yang nyaris sama besar. Maka kebaya berpotongan klasik seperti kebaya Jawa adalah yang paling cocok. Kebaya modern dengan tambahan obi di bagian luar juga akan terlihat sangat cantik. Untuk jenis kerah dan panjang kebaya, dapat disesuaikan dengan keinginan masing-masing karena bentuk tubuh ini tergolong ideal dan tampak serasi dengan berbagai model kebaya.

Tubuh buah pear: tubuh buah pear memiliki pinggul yang besar, sementara dada dan pinggangnya lebih kecil. Untuk menyeimbangkan, pilihlah kebaya berpotongan ramping dan tidak banyak detail pada tepi kebaya di bagian bawah. Beri modifikasi modern pada bagian kerah seperti ruffles, sabrina atau pita sehingga perhatian tidak terfokus pada daerah pinggul. Kenakan kebaya bersama batik atau bawahan yang tak memiliki banyak motif agar bagian pinggang ke bawah tidak semakin penuh.

Tubuh mungil: tubuh kurus, petite atau tanpa lekukan membutuhkan kebaya kreatif yang memberi volume lebih banyak. Hindari kerah sabrina atau off-shoulder dan beralihlah pada kerah frills, ruffles, Victorian atau Cheongsam. Payet penuh pada bagian dada dapat memunculkan kesan padat, namun pilih manik-manik atau bentuk bordir yang lebih elegan. Panjang kebaya sebaiknya tak melebihi paha agar tak terlihat tenggelam. Kebaya yang jatuh tepat sepinggang dengan kain batik yang dibuat petticoat atau full skirt adalah padanan tepat untuk mengaksentuasi tubuh mini agar tampak lebih berisi.

2. Paduan warna, gaya dan budaya

Kebaya modern kini makin berani dengan beragam modifikasi, mulai dari kesan lady-like hingga edgy. Kombinasi beberapa rona dalam satu kebaya juga mudah ditemukan, namun sebaiknya anda hati-hati. Perpaduan hijau tua dan maroon, pink dan hijau muda, ungu dan emas, merah dan emas, atau putih dan pink adalah palet menarik yang tetap tampak elegan. Ketika anda mencap diri sebagai wanita masa kini, anda juga perlu mempertimbangkan sisi budaya pada suatu kebaya. Cari tahu sebanyak-banyaknya tentang keunikan kebaya di berbagai daerah di Nusantara sebagai referensi yang berarti. Sebuah kebaya dengan lengan sebelah, cut-out kebaya atau cropped kebaya yang menampakkan pusar memang menarik perhatian, tetapi akan memberikan tatap mata yang ‘berbeda’ dari tamu-tamu yang lainnya.

3. Pilih penjahit terbaik

Kunci dari kebaya yang baik adalah bentuknya yang melekat tepat di tubuh. Jangan kenakan kebaya yang erelalu longgar, namun juga jangan yang terlalu ketat. Bila kebesaran, anda akan terlihat seolah kurang persiapan. Jika terlalu ketat, tubuh akan terasa sesak dan sulit bergerak. Untuk itu, anda membutuhkan penjahit khusus kebaya yang profesional di bidangnya. Jika anda memilih untuk membeli kebaya di toko atau butik, jangan lupakan proses fitting atau anda akan membuang uang dengan sia-sia.

4. Jangan kalahkan sang pengantin

Menjadi belle of the ball atau yang tercantik di pesta adalah keinginan semua wanita. Tetapi anda tak perlu memakai kebaya dengan embellishment yang berlebihan atau ekstrem demi mencuri semua pandangan. Kenakan kebaya favorit yang terbuat dari kain brokat, lace atau tulle yang lembut, sempurnakan dengan kain atau rok, clutch dan alas kaki senada. Kenakan makeup yang memancarkan keunggulan wajah anda dan tata rambut anda menjadi sesuatu yang simple namun berkelas. Ingat bahwa anda adalah seorang tamu, bukan seorang rival dari sang pengantin.

Selamat mencoba!

(Ghiboo)

SHARE