Di Milan, Life Begins At Fifty

0
55

.Ratusan ribu pengunjung turun ke Milan untuk menyimak Salone Internazionale del Mobile atau yang juga dikenal sebagai pameran mebel Milan. Acara paling mempesona dalam kalender desain dunia ini diikuti oleh sekitar 2.700 perusahaan yang ingin membuktikan bahwa industri mebel global telah bangkit kembali dari resesi dan tentu saja menegaskan kembali keberadaan kota Milan sebagai rumah desain dunia.

Pameran yang telah digelar sejak tahun 1961 ini dimotori oleh semangat dan keajaiban pasca perang Italia yang pada akhirnya membantu membangun sebuah gagasan tunggal bahwa “Made in Italy” adalah jaminan kualitas yang tak perlu dipertanyakan lagi. Kini setelah beruasia 50 tahun, pameran Salone Internazionale del Mobile tak hanya sekedar menjadi perayaan tradisi kualitas dan kecanggihan desain mebel Italia, namun juga sebagai pengingat bahwa Milan tetap menjadi rujukan untuk semua hal yang berbau keindahan. Jika di tahun 60’an Salone Internazionale del Mobile hanya diikuti oleh sekitar 328 peserta dan terfokus di Milan, kini kawasan-kawasan terdekat seperti  Tortona, Ventura Lambrate dan Porta Romana juga kebagian peran dalam perayaan pameran.

Tema pameran tahun ini adalah “Light” dan “Office,” namun Anda juga bisa memproklamirkan bahwa tahun ini adalah tahun kursi karena di sana terdapat begitu banyak desain tempat duduk yang luar biasa indah. Nama-nama besar masih beredar, seperti Barber Osgerby dan Jasper Morrison yang mendesain kursi untuk Vitra, Doshi Levien berkolaborasi dengan Moroso, tak ketinggalan Philippe Starck, Tom Dixon, dan Ron Arad juga hadir untuk memamerkan desain penuh kejutannya. Tahun ini juga menjadi tahun yang istimewa karena Salone Internazionale del Mobile tak hanya berhasil mencetak jumlah pengunjung dan peserta pameran terbesar dalam sejarah penyelenggaraan, namun juga berhasil memberikan ruang bagi para mahasiswa dari the Royal College of Art serta Design Academy Eindhoven untuk turut berpartisipasi. Bagi para mahasiswa ini, mungkin karier desain mereka baru benar-benar dimulai ketika Salone Internazionale del Mobile menginjak umur setengah baya.

(Berbagai sumber)

SHARE