Mongol and The Essentials

0
54

.Ada tiga hal esensial yang harus dimiliki oleh seorang pria Kazakh (keturunan Turki yang banyak tersebar di Kazakhstan, Uzbekistan, Cina, Rusia dan Mongolia) dalam hidup mereka, yaitu seekor kuda yang cepat, seekor anjing, dan seekor burung elang emas.

Kini, mari kita berkunjung ke Bayan Ulgii, provinsi paling barat di Mongolia untuk melihat pertandingan berburu yang legendaris, melibatkan seorang pria Kazakh dengan elang emas kebanggaannya. Dalam kehidupan di zaman modern seperti sekarang ini, keturunan Bayan Uglii masih melakukan tradisi yang telah diturunkan dari ayah ke anak sejak 6.000 tahun yang lalu. Kini mereka masih mewarisi salah satu sifat suku nomaden Mongol kuno, yaitu menggelar perlombaan berburu bagi si elang emas yang tangkas dan beringas, yang mampu menangkap serigala dan macan tutul salju dalam satu tarikan napas.

Kisah persahabatan antara si burung dan si anak manusia berawal sejak usia yang masih sangat belia. Para pemburu biasanya mengincar anak elang yang masih sangat muda, diambil langsung dari sarang kemudian dibawa pulang untuk dipelihara. Sepanjang proses pemeliharaan, mata si burung akan ditutup dengan kerudung. Ini adalah masa untuk untuk menempa ikatan diantara mereka, untuk mengasah rasa antara si manusia dengan burung kebanggaannya.

(Berbagai sumber)

SHARE