Yuk Peduli Jantung Melalui Musik

0
57

.Mendengarkan musik favorit Anda akan bermanfaat untuk mempertahankan jantung yang sehat. Demikian menurut sebuah penelitian. Tim riset di Fakultas Kedokteran Universitas Maryland mengumumkan mereka telah memperlihatkan untuk pertama kalinya emosi yang ditimbulkan musik yang dinikmati pendengar, membawa manfaat pada kesehatan fungsi pembuluh darah.

“Saya terkesan dengan perbedaan yang sangat signifikan baik sebelum maupun sesudah mendengarkan musik yang membuat hati gembira, demikian pula antara musik gembira dan musik yang menyeramkan,” kata pemimpin riset utama Michael Miller, direktur kardiologi preventif pada Pusat Medis Universitas Maryland dan profesor kedokteran pada Fakultas Kedokteran Universitas Maryland, sebagaimana dilansir AFP.

Pengkajian itu menemukan bahwa para peserta, yang terdiri dari 10 sukarelawan yang tidak merokok dan sehat, mendengarkan musik. Perasaan senang yang ditimbulkan dari mendengarkan musik menyebabkan jaringan bagian dalam pembuluh darah mengembang, sehingga meningkatkan aliran darah.

Respon itu sejalan dengan hasil pengkajian tertawa pada 2005. Studi itu menemukan, diamater rata-rata pembuluh darah lengan bagian atas meningkat dengan 26% setelah mendengarkan musik yang menggembirakan hati. Sebaliknya musik yang menyedihkan atau menimbulkan kecemasan membuat pembuluh darah mengerut sebesar enam persen.

Dampak psikologis musik boleh jadi juga mempengaruhi aktivitas kimia otak yang disebut endorphin, yakni bahan biokimia alami yang dihasilkan otak pada saat orang sedang melakukan olahraga atau mengerjakan hal yang menyenangkan, sehingga membuat orang bersemangat, demikian menurut pengkajian tersebut.

Jangan nyanyi sendirian lagi yah, ajak jantung Anda juga.

(berbagai sumber)

SHARE