Pasar Nokia Tahun Ini Alami Penurunan

0
70

.Produsen ponsel asal Finlandia, Nokia, baru saja mengumumkan hasil laporan keuangannya di kwartal pertama tahun ini. Mereka tidak begitu puas dengan fakta tersebut. Dijelaskan bahwa perusahaan tersebut sedang beralih dari developping strategy ke executive strategy.

Meskipun program kerjasama Nokia dengan Microsoft untuk menghadirkan Windows Phone baru akan berjalan, kita lihat saja apakah Nokia masih menjadi pilihan banyak penggunanya untuk kelas ponsel pintar.

Wajar sekali bila Nokia kehilangan pasar, karena tampaknya OS Symbian kurang menggigit dibandingkan dengan Android dan BlackBerry. Maka dari itu mereka pun mulai menggandeng perusahaan software raksasa seperti Microsoft untuk menerbitkan Windows Phone.

Fanboy Nokia yang ingin merasakan Nokia Windows Phone masih harus menunggu paling tidak dua tahun lagi, karena tampaknya proses perubahan platform akan memakan waktu cukup lama.

Nokia juga mengabarkan bahwa penjualan ponsel pintarnya mengalami penurunan sebanyak 14% bila dibandingkan dengan kwartal terakhir. Dari segi keuntungan, Nokia mengalami 1% penurunan, menjadi ‘hanya’ 344 juta euro.
Nokia di Kuartal Pertama 2011: Pangsa Pasar dan Keuntungan Menurun

Hingga saat Nokia masih memimpin pasar ponsel pintar dan bersaing ketat dengan BlackBerry, iPhone dan Android. Tahun lalu, Nokia menguasai pasar sebanyak 33%, sedangkan tahun ini turun menjadi 29%. Kita tunggu saja Nokia pasca Windows Phone, apakah perolehan pasarnya akan naik kembali, stabil atau turun?

(Berbagai sumber)

SHARE