Ini Solo, Bung…

0
63

.Dengan kedatangan Hari Tari Dunia yang sudah terasa semakin dekat saja, berbagai undangan untuk menari bersama dari seluruh pelosok dunia telah diterbangkan dengan kecepatan yang menakjubkan. Dari India hingga Atlanta, dari Meksiko hingga Solo.

Hari Tari Internasional, atau World Dance Day merupakan sebuah perayaan global untuk semua jenis tarian yang telah dicanangkan oleh UNESCO sejak tahun 1982 dan selalu diselenggarakan rutin setiap tanggal 29 April, untuk memperingati hari ulang tahun Jean-Georges Noverre, seorang penari dan balletmaster asal Perancis yang dianggap sebagai pencipta balet modern.

Dan meskipun seni tari telah menjadi bagian integral dari seluruh budaya manusia dalam sepanjang sejarahnya, namun sampai era iPad inipun ternyata kesadaran akan pentingnya tari di kalangan masyarakat umum dirasa masih rendah, dan kesadaran pemerintah seluruh dunia untuk menyediakan tempat untuk menari yang layak di semua level pendidikan, dari dasar sampai tinggi, masih juga belum terealisasi. Oleh karena itulah sampai hari inipun UNESCO bekerjasama dengan para pemerhati seni dan budaya di seluruh dunia selalu merangsang kesadaran ini melalui penyelenggaraan World Dance Day. Dan dimana lagi tempat paling sempurna untuk mendapatkan pencerahan tentang seni tari selain di Kota solo, kota budaya dan semangat Jawa Tengah.

Dalam rangka pelaksanaan World Dance Day tahun ini, Kota Solo akan kembali menggelar acara spesial Solo Menari 24 Jam yang telah diadakan sejak tahun 2007. Dalam kesempatan tersebut direncanakan akan hadir ratusan penari dari Semarang, Surabaya, Bandung, Jakarta, Yogjakarta, Malaysia dan Singapura yang akan bergembira dan memeriahkan suasana dengan menari bersama selama 24 jam non stop di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, Kamis nanti.

Karena dunia tari bukan hanya milik penari tetapi juga semua orang yang ingin menikmati, maka Andapun tak diragukan lagi sudah resmi diundang untuk datang dan bersenang-senang di acara Solo Menari 24 Jam pada tanggal 29 April ini.

(Berbagai sumber)

SHARE