Sehatkan usus dengan Mangga

0
60

.Gangguan pencernaan merupakan masalah yang dihadapi oleh banyak orang. Gangguan ini umumnya disebabkan oleh kurangnya enzim pencernaan. Untuk mencegahnya tidak terlalu sulit, salah satunya dengan makan buah mangga.

Mangga memiliki banyak jenis, rasanya manis segar dan banyak disukai orang. Buah  ini mengandung air dan karbohidrat (termasuk di dalamnya serat) yang tinggi. Selain itu, mangga juga sumber betakaroten, kalium dan vitamin C, antioksidan serta flavonoid, yang berfungsi baik untuk melindungi sel dari serangan radikal bebas.

Selain baik untuk melindungi sel dari radikal bebas, juga baik untuk menjaga kesehatan usus. Sebab, pada buah mangga terdapat zat prebiotik yang tinggi dibanding sayur atau buah lainya. Mangga juga memiliki zat pektin yang berfungsi untuk memperlambat proses pencernaan dalam usus, dan meningkatkan kesehatan saluran cerna. Selulosanya berfungsi mempercepat waktu transit makanan dalam usus, meningkatkan volume feses, dan memperlancar proses buang air besar sehingga mengurangi risiko terkena kanker usus.

Jika sering mengalami gangguan pencernaan dan sulit BAB, buah mangga bisa menjadi solusi yang sehat.

(berbagai sumber)

SHARE