Seorang Ibu Dituntut karena Menyekolahkan Anaknya

0
56

.Apakah salah bila Anda sebagai orangtua ingin mendaftarkan dan memasukkan anak ke sekolah yang terbaik untuknya, meski itu berarti jauh dari rumah? Bagi sistem pendidikan di Amerika, itu salah.

Anda hanya bisa memasukkan anak ke sekolah, yang berada di satu wilayah dengan tempat tinggal Anda. Betapa buruk pun kualitas sekolah tersebut, mau tidak mau, si kecil hanya berhak mengenyam pendidikan di tempat tersebut.

Tanya McDowell tidak setuju dengan ini. Dilansir dari The Lookout, ia adalah orangtua tunggal tunawisma dari Bridgeport, yang berusaha meneyekolahkan anaknya – berumur 5 tahun – ke sekolah yang berlainan area dengan tempat penampungan yang ia tinggali. Sang anak dikirim ke TK di Norwalk. Kepada pihak sekolah, McDowell memalsukan alamatnya menggunakan alamat seorang teman. Ia mengatakan, bahwa dirinya tinggal di rumah penampungan bagi tunawisma di Norwalk. Namun ternyata ia tidak terdaftar di sana. Hal ini menjadikannya telah melakukan suatu bentuk kriminalitas. Dia dituntut melakukan pencurian tingkat pertama dan konspirasi melakukan pencurian tingkat pertama akibat telah memasukkan anaknya ke sekolah Norwalk selama empat bulan.

“Dia harus dipenalti karena telah mencuri jasa kami,” ujar presiden sekolah, Jack Chiaramonte.

Apa pendapat McDowell sendiri? “Aku tidak mengerti atau apalah, jika kamu memasukkan anakmu ke sekolah yang berbeda area, itu akan  menjadi sebuah kejahatan,” ujar ibu berusia 33 tahun tersebut.

Sebelumnya. Kelley Williams-Bolar pun melakukan hal serupa. Ibu yang berdomisili di Ohio ini dipenjara akibat menggunakan alamat ayahnya untuk memasukkan anaknya ke sekolah yang berkualitas bagus. Kisah Bolar menelurkan debat di berita nasional mengenai ketidaksamaan hak dalam sistem pendidikan umum. Orangtua yang lebih miskin hanya bisa menyekolahkan anaknya ke sekolah yang buruk, karena masalah pendanaan di tingkat lokal.

Bersama Gwen Samuel, seorang aktifis pendidikan Connecticut, Bolar berusaha membela McDowel. Samuel sendiri mengharapkan kedatangan beberapa ratus orang untuk muncul di pengadilan pada hari Rabu (27/4/2011) jam sembilan pagi.

Semoga saja nasib baik berpihak pada McDowell. Memberikan pendidikan yang sederajat dan lebih baik untuk seorang anak tidaklah buruk, bukan?

(Berbagai sumber)

SHARE