5 Gadget yang Berbahaya Bagi Kesehatan

0
50

.Saat ini tidak mungkin jika tak menggunakan teknologi. Berbagai barang berteknologi tinggi diciptakan memang untuk mempermudah dan mempercepat aktivitas manusia. Tetapi, faktanya beberapa jenis produk teknologi justru menimbulkan bahaya kesehatan bagi penggunanya. Ketahui bagaimana hal itu bisa terjadi dan teknologi apa saja yang bisa membahayakan kesehatan.

1.  Nintendo 3DS
Permainan ini memang sangat menghibur, bukan hanya untuk anak-anak tetapi juga orang dewasa. Jika anak-anak sering memainkannya, sebaiknya hati-hati karena bisa meningkatkan risiko sindroma mata malas. Nintendo sendiri mengklaim dengan melihat tampilan tiga dimensi memicu rasa nyeri pada mata dan menyarankan bagi yang memainkannya untuk istirahat setiap 30 menit.

2. Blackberry
Waspadalah saat menggunakan BlackBerry. Menurut dr. Roger Henderson asal Inggris, seseorang yang berjalan sambil melihat ponsel atau BlackBerry, bisa menyebabkan luka akibat kecelakaan. Dan luka ini bisa geger otak ringan atau jahitan di tubuh. Lalu, menurut dr. Jean-Louis Sebagh, seorang spesialis anti penuaan kulit, wanita muda yang selalu melihat layar ponsel, akan memicu tumbuhnya kerut halus di sekitar wajah. “Kecenderungan alami yaitu menyipitkan mata saat melihat layar posel ketika membaca pesan, sehingga menimbulkan kerut halus di sekitar alis,” katanya.

3. iPod
Mendengarkan lagu favorit setiap hari bukan tanpa risiko. Terutama jika Anda mendengarkan musik dalam volume yang sangat tinggi. Kehilangan pendengaran adalah masalah kesehatan yang serius jika Anda memiliki kebiasaan ini. “Ini adalah masalah kesehatan serius yang terjadi pada banyak anak muda. Mendengarkan musik dalam waktu yang lama dan volume tinggi bisa memicu kerusakan pendengaran permanen,” kata Andrew Reid, Kepala Audiologi di Royal United Hospital, Inggris.

4. Nintendo Wii
Martin Davies, ahli tulang belakang, melihat peningkatan kasus nyeri dan tegang punggung serta bahu pada pengguna Wii. Jika Anda juga suka bermain Wii, pastikan baca dan terapkan petunjuknya dengan benar. “Aku pikir ada hubungan antara menggunakan Wii secara tidak benar dengan luka serius.  Orangtua dan anak-anak yang menggunakannya, harus mengikuti petunjuk dengan benar,” katanya.

5. Pemutar DVD
Dengan DVD portable, Anda memang bisa menghabiskan waktu dengan menonton film dalam mobil saat terjebak kemacetan. Tetapi hal ini bisa memicu sindroma dalam mobil, yang gejalanya berupa rasa pusing dan mual. Itu karena pertentangan sensor keseimbangan antara mata dan otak. Hal ini berupa reaksi otak saat tubuh keracunan. Itulah pemicu rasa mual dan pusing.

Pemakaian teknologi di atas tidak dilarang. Hanya cara intensitas penggunaannya dibatasi agar tidak mengganggu kesehatan.

(berbagai sumber)

SHARE