Anda Perfeksionis atau OCD?

0
145

.Apakah Anda termasuk orang yang perfeksionis? Atau ternyata mengalami obsessive compulsive disorder (OCD) atau gangguan obsesi dan kompulsi. Obsesi adalah pikiran, imajinasi,atau dorongan yang terus-menerus dan tidak dapat dikontrol. Sementara itu, kompulsi merupakan kondisi saat seseorang melakukan aksi secara terus-menerus atau berulang, yang kerap sesuai “peraturan” yang mereka yakini.

Normalnya, orang bisa mengendalikan pikiran dan perilakunya melalui sistem yang diproses dalam otak. Pada orang OCD, ide atau pikiran muncul berulang-ulang, mendesak, tidak lazim, tidak bisa dikendalikan. Akibatnya,yang bersangkutan merasa tidak nyaman. Penderita OCD sendiri sebetulnya tidak menghendaki hadirnya pikiran-pikiran yang kerap tidak realistis tersebut. Dia juga kurang paham mengapa pikiran itu muncul. Namun, dia tidak berdaya karena tidak bisa mengendalikan diri.

Dalam kehidupan sehari-hari perilaku mereka misalnya, berkali-kali mengecek apakah sudah mengunci pintu dengan benar, atau ada orang yang berkali-kali merapikan diri karena tidak ingin terlihat berantakan. Namun orang sering menyebutnya sebagai sikap perfeksionisme (orang yang menuntut segala sesuatunya berjalan dengan sempurna). Memang secara umum hampir sama dengan orang yang perfeksionisme, karena itu gangguan ini kurang disadari.

Namun jika sampai membuang setiap lap yang telah digunakan, mencuci tangan kuat-kuat di kamar mandi dengan sabun khusus, takut menyentuh tombol pintu kamar mandi untuk keluar, sehingga harus menunggu orang masuk lebih dulu supaya ia bisa keluar tanpa menyentuh apapun, perilaku tersebut harus diwaspadai.

Masih menganggap Anda perfeksionis? Sebaiknya analisa dulu.

(berbagai sumber)

SHARE