Fruktosa: Si Manis Pemicu Kanker Pankreas

0
50

.Berhati-hatilah mengkonsumsi makanan yang manis, jika perlu mulailah mengurangi. Pasalnya, peneliti di Amerika Serikat dalam sebuah studi menyatakan bahwa semua gula itu berbahaya, terutama fruktosa. Fruktosa, dapat memicu penyakit jantung dan kanker pankreas, salah satu kanker yang mematikan. Bahkan sel tumor pankreas yang disebabkan oleh fruktosa dapat berkembang biak dalam jangka panjang.

Fruktosa adalah gula sederhana (monosakarida) yang ditemukan di banyak jenis makanan dan merupakan salah satu dari tiga gula darah penting bersama dengan glukosa dan galaktosa. Fruktosa sering ditemukan dalam buah-buahan, madu dan gula. Ia juga disebut sebagai levulosa dan masuk dalam kategori pentahidroksiketon. Namun yang mengejutkan, ternyata fruktosa meningkatkan faktor risiko penyakit jantung dan berat badan.

Pemanis yang kita sebut gula sebenarnya adalah gula ganda. Setengahnya gula yang disebut glukosa, bahan dasar energi tubuh. Setengahnya lagi gula yang disebut fruktosa. Para peneliti mencurigai fruktosa berdampak jelek, tapi bukti sampai sejauh ini masih relatif minim dan ternyata studi mengungkap efek fruktosa lebih buruk dibandingkan glukosa.

Negara Amerika dikenal mengonsumsi fruktosa dalam jumlah besar, terutama sirup jagung fruktosa tinggi. Campuran fruktosa dan glukosa yang digunakan dalam minuman ringan, roti dan berbagai makanan lain. Menurut American Heart Asociation, terlalu banyak gula dalam bentuk apapun merupakan penyebab utama pada diabetes, penyakit jantung dan stroke. Beberapa negara bagian, termasuk New York dan California, telah memperlakukan timbangan pajak atas minuman ringan manis untuk membiayai ongkos pengobatan obesitas dan penyakit yang terkait seperti penyakit jantung, diabetes dan kanker.

Anda yang suka mengkonsumsi minuman manis, kurangi sebelum merusak pankreas.

(berbagai sumber)

SHARE