Televisi Tingkatkan Nafsu Makan

0
63

.Menikmati makanan sambil menonton televisi ternyata dapat meningkatkan nafsu makan. Demikian hasil penelitian para ahli di Universitas Macquarie. Penelitian yang melibatkan sekelompok anak muda dengan berat badan normal ini menemukan mereka yang mengonsumsi makan pagi, siang, atau malam sambil menonton televisi cenderung memiliki nafsu makan tidak terkontrol.

Dalam penelitian ini, sekelompok anak muda yang menjadi partisipan dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama dibiarkan makan sambil menonton televisi sedangkan kelompok kedua makan dengan tenang tanpa gangguan televisi. Ditemukan mereka yang mengonsumsi makanan sambil menonton televisi tidak merasa cepat kenyang atau puas dengan makanan yang diberikan. Sementara itu, dengan makanan yang sama, wanita di kelompok kedua merasa cepat kenyang.

Para ahli menjelaskan, hal tersebut disebabkan gangguan memori yang diakibatkan televisi. Dengan menonton televisi, wanita dengan mudah menghiraukan apa yang telah mereka makan. Memori tersebut yang memegang peran penting dalam timbulnya perasaan kenyang dan puas dengan apa yang telah dikonsumsi.

“TV mengalihkan perhatian kita untuk mengingat apa yang telah kita makan. Akan lebih sulit untuk mengingat sesuatu saat perhatian kita tertuju pada hal lain,” demikian ditulis para peneliti dalam laporan yang diterbitkan jurnal Applied Cognitive Psychology tersebut.

So, turn off you television guys.

(berbagai sumber)

SHARE