Empat 'Pembunuh' Kekebalan Tubuh

0
51

.Rendahnya sistem kekebalan tubuh tak sekadar akibat asupan nutrisi yang buruk atau gaya hidup yang tak bersih. Sistem imunitas juga dipengaruhi kondisi psikologis dan kebiasaan sehari-hari. Sistem kekebalan tubuh yang buruk membuat tubuh mudah lelah dan rentan terserang penyakit. Itulah mengapa penting mengenali sejumlah kebiasaan yang mungkin tak Anda sadari dapat menurunkan sistem imunitas.

1. Jarang bergaul
Penelitian menunjukkan, semakin sedikit interaksi seseorang dengan orang-orang di sekitarnya akan semakin mudah terkena penyakit. Ini berkaitan dengan tingkat depresi yang berpengaruh pada harapan hidup. Jangan biarkan diri terjebak dalam rutinitas pekerjaan dan menjauh dari pergaulan. Sesekali, luangkan waktu untuk bersosialisasi dengan teman atau komunitas tertentu. Ini bisa Anda lakukan sepulang kerja atau akhir pekan.

2. Pesimistis
Sikap pesimistis ternyata juga berdampak negatif pada kesehatan tubuh. Pesimistis membuat seseorang mudah sekali merasa lelah dan terserang stres. Hal inilah yang membuat tubuh menjadi kurang fit dan sistem kekebalan tubuh menurun.

3. Kurang tidur
Kurang tidur akan langsung akan rasa efeknya. Sakit kepala, sulit berkonsentrasi, dan mudah lelah. Tidur adalah saat sel-sel tubuh yang rusak melakukan perbaikan. Jika Anda kurang tidur sel yang merupakan zat antibodi tidak bekerja maksimal sehingga tubuh mudah sekali terserang penyakit.

4. Dikelilingi perokok
Sudah menjadi rahasia umum bahwa perokok pasif lebih berbahaya daripada perokok aktif. Batuk, sesak napas, mata perih, bahkan sakit kepala pasti akan sering Anda alami jika selalu berada di dekat perokok.

Jika kondisi tersebut terjadi terus-menerus, tubuh akan selalu merasa kurang fit, cepat lelah dan mudah terkena penyakit. Pada anak-anak, asap rokok juga memicu gejala asma. Perbaiki kebiasaan buruk yang dapat membuat Anda sering sakit.

(berbagai sumber)

SHARE