Hari Catur Nasional Tahun Ini Dicanangkan

0
68

.Tahun ini akan segera dicanangkan hari catur nasional yang merupakan kerja sama dari Kementerian Pendidikan Nasional dan Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia).

Usulan ini muncul saat kedatangan Presiden Federasi Catur Internasional, Kirzan Ilyumzhinov ke tanah air Desember tahun lalu.

Dalam kunjungan tersebut Kirzan mengungkapkan keinginannya agar catur dapat masuk dalam kurikulum pendidikan nasional, dan Mendiknas Mohamad Nuh menyambut positif usul tersebut. Tak hanya itu Mendiknas juga akan mencanangkan hari catur nasional di seluruh sekolah Indonesia.

Menurut humas Percasi, Urry Kartopati, yang ditemui Ghiboo di penutupan turnamen Telin, mengatakan, “Untuk waktunya masih belum bisa ditentukan karena masih akan dikoordinasikan. Nantinya pada hari itu para pelajar akan bermain catur. Kita ingin sedini mungkin memperkenalkan catur kepada anak-anak.”

Berdasarkan penelitan, catur memberikan dampak positif bagi tumbuh kembang anak, kembali Urry menjelaskan, “Pertama, catur membuat orang berpikir untuk terus mencari jalan. Pola pikir inilah yang dapat membuat mental yang tidak mudah menyerah. Kedua, catur dapat menghindarkan dari perbuatan negatif. Mengapa, karena dalam catur dilatih untuk berpikir 10 langkah ke depan. Misalkan masalah narkoba, ketika mau mencobanya ia akan berpikir, kalau saya ngeganja, saya dapatnya apa. Ini positif tidak sih buat saya. Itulah sebagian dari keuntungannya mengapa akan dicanangkan hari catur nasional.”

Bila program ini berjalan, semoga kita akan mendapatkan orang-orang yang lebih baik di masa yang akan datang.

(Ghiboo)

SHARE