Hati-Hati, Setir Mobil Lebih Kotor dari Toilet!

0
61

.LONDON – Pernahkah Anda berfikir, ternyata setir mobil lebih kotor dibandingkan dengan toilet! Penelitian ini dilakukan oleh Queen Mary University di London, Inggris.

Hasil penelitian ini cukup menakutkan, karena dipermukaan setir mobil berhasil ditemukan 700 bakteri hidup. Jika dibandingkan dengan toilet umum, kumannya “hanya” mencapai 80 bakteri.

“Bakteri yang cukup banyak menyebar di interior mobil yakni Bacillus Careus. Bakteri ini dapat menyebabkan keracunan makanan,” kata Direktur Ilmu Biomedis Queen Mary University Dr Ron Cutler seperti dikutip dari Car Advice, Kamis (28/4/2011).

Ia juga menyebutkan beberapa bagian interior mobil menjadi “tuan rumah” yang paling nyaman bagi sejumlah bakteri yang berbahaya bagi kesehatan. Karenanya Cutler berpesan agar semua pemilik mobil membersihkan kendaraannya secara teratur termasuk bagian interior.

“Kebanyakan orang membersihkan rumah mereka tetapi banyak yang mengabaikan membersihkan mobil. Dalam keadaan ini Anda bagai berkendara di dalam tong sampah,” tegasnya.

Penelitian ini juga memberikan fakta 42 persen dari pengemudi mobil kerap makan dan minum di dalam mobil, padahal hanya sepertiga dari mereka yang teratur membersihkan bagian interior mobilnya.

“Sebuah mobil merupakan tempat yang tepat bagi kuman untuk berkembang biak, terutama jika Anda makan dan minum di dalamnya dan meninggalkan sampah atau sisa makanan,” lanjut Cutler.

Karena itulah lagi-lagi ia berpesan, agar Anda kerap teratur membersihkan bagian interior mobil untuk menghindari resiko gangguan kesehatan.

(berbagai sumber)

SHARE