Sperma Vs Air Mani

0
75

.Tanyakan pada pasangan pria Anda, apakah ia sering merasa sulit buang air kecil saat penis sedang ereksi? Ternyata, saat pria mengalami ereksi sekaligus ejakulasi (air mani memancar ke luar), sebuah otot akan menutup rapat saluran kencing dari kandung kemih. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa air seni tidak akan bercampur dengan air mani. Itulah sebabnya seorang pria sulit berkemih jika sedang ereksi.

Sedangkan bila hingga kini Anda masih bingung membedakan sperma dengan air mani, Wendy Darvill dan Kelsey Powell dalam bukunya The Puberty Book menjabarkannya untuk Anda. Sperma (spermatozoid) diproduksi di dalam skrotum atau lebih dikenal dengan testikel/buah pelir.

Sperma bergerak dari epididimis ke dalam saluran yang disebut vas yang masing-masing terhubung dengan setiap testis. Fungsi vas sendiri adalah menghasilkan cairan untuk membantu gerakan sperma.

Kemudian, vas mengangkut sperma masuk ke daerah penyimpanan di kelenjar prostat yang berukuran kira-kira sebesar buah kenari. Sementara, di dekat prostat ada kelenjar-kelenjar lain, yaitu vesika seminalis sebagai penghasil zat makanan sperma dan kelenjar Cowper sebagai penghasil cairan pelicin. Campuran sperma dan berbagai kelenjar lainnya inilah yang disebut dengan air mani.

Jangan tertukar lagi antara sperma dan air mani yang keluar.

(berbagai sumber)

SHARE