Mathias Muchus: Aktor Harus Punya Pengetahuan!

0
52

.Ingin menjadi aktor yang memiliki karir panjang tak cukup hanya modal wajah atau badan yang bagus. Mathias Muchus menegaskan bahwa aktor harus memiliki pengetahuan, baik ilmu akting, ilmu tentang industri hiburan, dan pengetahuan umum lainnya. Karena itu pria yang berprofesi sebagai produser, sutradara, dan aktor ini ingin membagikan ilmunya di sebuah lembaga pelatihan kreatif yang bernama PlotPoint.

“Jadi ini adalah salah satu bentuk kontribusi saya di dunia seni dan peran, karena ini adalah bentuk tanggung jawab saya di dunia peran. Kalau saya diam aja rasanya terlalu egois tidak mau berbagi ilmu,” jelasnya dalam acara launching kelas akting Mathias Muchus Acting clinic (MAC).

Ketika disinggung mengenai industri film Indonesia yang saat ini banyak menampilkan sisi negatif, suami Mira Lesmana ini mengaku hal itu merupakan salah satu bentuk keresahan masyarakat. Karena itu ia dan teman-temannya seperti Slamet Rahardjo dan Didi Petet yang sudah mendirikan sekolah akting ingin mendidik para calon aktor agar memiliki pengetahuan, sehingga dapat menghasilkan film yang berkualitas.

“Film yang berkualitas itu, dapat memberikan kedamaian, ketentraman, dan kecerdasan bagi penonton maupun individu para pemain itu sendiri,” katanya.

Film berkualitas dengan film yang menguntungkan itu berbeda. Sekarang ini Mathias Muchus banyak melihat para produser membuat film yang aman secara materi akan menguntungkan mereka, seperti film komedi, horor, “esek-esek”. “Film-film seperti itu, produksinya muarah, cuma ditonton 200 ribu orang, sudah untung. Dan dalam setehun dapat membuat lima film. Dan kalau saya ditawari main film atau membuat film seperti itu, saya tidak mau. Karena tidak dapat dipertanggungjawabkan secara akademis,” tegasnya.

Tetapi bukan berarti film-film tersebut tidak bisa dibuat berkualitas. Karena semua film dapat berkualitas jika para pekerja di industri tersebut memiliki pengetahuan yang baik. Itulah kenapa penting bagi para calon aktor untuk memiliki pengetahuan tidak hanya modal wajah dan bentuk tubuh yang bagus. Keberhasilan dunia film indonesia akan maju atau mundur ditentukan oleh para pemain.

Syarat aktor yang berkualitas, Mathias Muchus menambahkan, selain memiliki pengetahuan mereka juga harus totalitas, bukan karena fisik cantik atau ganteng dan memang suka dan cinta kepada seni peran. Hanya itu kuncinya. “Kalau karena dorongan duit, orangtua, dan sensas tidak ada gunanya juga,” ucapnya.

(Ghiboo)

SHARE