Riau Terpilih Jadi Tuan Rumah ISG III

0
61

.Menpora Andi Mallarangeng dan Wakil Presiden ISSF, Pangeran Nawaf Faisal Fahd bin Abdul Aziz di Jeddah Conference Palace, kemarin (28/4) malam, menandatangani MoU penunjukkan Riau sebagai tuan rumah Islamic Solidarity Games III (Pertandingan olahraga negara-negara Islam) bersamaan dengan itu Gubernur Riau, Rusli Zaenal dan Ketua Umum Komite Olahraga Indonesia Rita Subowo turut menandatangani MoU tersebut.


Wakil Presiden ISSF (Islamic Solidarity Sports Federation) menyampaikan, “Kami juga menyampaikan selamat datang kepada delegasi Indonesia, dan kami bersama Indonesia memiliki Komitmen yang sama untuk menyukseskan Islamic Solidarity Games III.”

Menpora menegaskan, provinsi Riau siap melaksanakan even ini pada 2013, karena sebelumnya di 2012 provinsi Riau juga menjadi tuan rumah penyelenggaraan PON (Pekan Olahraga Nasional). Selain itu nilai efisiensi juga menjadi pertimbang terpilihnya Riau sehingga yang diperlukan hanya biaya penyelenggaraan saja.

ISG (Islamic Solidarity Games) pertama kali diadakan pada tahun 2005 di Saudi Arabia dan kemudian yang kedua di Iran pada 2009 namun dibatalkan karena perbedaan dalam penggunaan istilah “Persian Gulf”. Iran yang bersikeras menggunakan istilah tersebut ditentang olah Saudi Arabia dan negara Arab lainnya. Akhirnya pada 17 Januari 2010 Dewan Gubernur ISG menyatakan pembatalan event ini.

Semoga saja ISG III di Riau, berjalan dengan baik dan sukses. 

(Berbagai sumber)
SHARE